persepsi orang tua terhadap makanan sehat hubungannya dengan kesadaran orang tua menyiapkan bekal makanan anak usia dini

Saadah, Meti Nur (2018) persepsi orang tua terhadap makanan sehat hubungannya dengan kesadaran orang tua menyiapkan bekal makanan anak usia dini. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER[2].pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK[1].pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR_ISI[1].pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB_I[1].pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB_II[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB_III[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB_IV[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB_V[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bedasarkan studi pendahuluan bahwa pada kenyataannya, masih banyak orang tua yang tidak paham tentang makanan sehat dan adanya orang tua yang membawa bekal makanan sehatnya tidak sesuai dengan apa yang dijadwalkan oleh sekolah. Penyebab hal itu disebabkan karena kesibukan orang tua yang bekerja sehingga kurang terperhatikan makanan sehatnya. Banyak orang tua yang membekali anak-anak makanan dengan makanan praktis atau instan, padahal penyediaan makanan sehari-hari pada anak sebenarnya tidak berbeda dengan penyediaan makanan bagi yang lainnya, baik dalam jenis makanan, proporsi maupun cara penyajiaannya. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah zat gizi yang terkait dengan proses pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Realitas persepsi orang tua tentang makanan sehat pada anak. 2) Realitas kesadaran orang tua membawa bekal makanan anak usia dini, dan 3) Realitas persepsi orang tua tentang makanan sehat hubungannya dengan kesadaran orang tua membawa bekal makanan anak usia dini kelas B1 Di RA Al- Furqon Buah Batu Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa persepsi orang tua tentang makanan sehat ada hubungannya dengan kesadaran orang tua membawa bekal makanan anak usia dini. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif antara persepsi orang tua tentang makanan sehat hubungannya dengan kesadaran orang tua membawa bekal makanan anak usia dini kelas B1 Di RA Al- Furqon Buah Batu Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket. Data analisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu teknik deskriptif dan korelasi menggunakan Rank Spearman (Rho). Hasil penelitian pengumpulan dan analisis data disimpulkan bahwa Realitas persepsi orang tua tentang makanan sehat memperoleh angka rata-rata 3,48 dengan kualifikasi tinggi karena pada interval 3,40-4,19; Realitas kesadaran orang tua membawa bekal anak usia dini memperoleh angka rata-rata 3,3 dengan kualifikasi cukup karena pada interval 2,60-3,39; dan Realitas hubungan kedua variabel tersebut adalah korelasinya termasuk pada kategori rendah (skor 0,38); Hipotesisnya diterima, dan Pengaruh variabel X terhadap variabel Y mencapai 8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: persepsi orang tua; makanan sehat; bekal makanan anak usia dini;
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: meti nur saadah
Date Deposited: 02 May 2019 08:15
Last Modified: 02 May 2019 08:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20074

Actions (login required)

View Item View Item