Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi sejarah Islam Masa Khulafaurrasyiddin melalui media Iwork Keynote

Fauzi, Rizal (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi sejarah Islam Masa Khulafaurrasyiddin melalui media Iwork Keynote. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)

Abstract

Berdasarkan temuan di lapangan hasil belajar siswa SMPN 2 Salem pada mata pelajaran PAI materi sejarah Islam masa khulafaurrasyiddin terlihat rendah dikarenakan masih banyak yang belum mencapai nilai KKM (75). Hal tersebut dikarenakan penggunaan media yang kurang tepat. Maka dengan ini peneliti membuat suatu media iwork keynote untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Sejarah Islam masa Khulafausrrasyiddin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media iwork keynote, proses pembelajaran menggunakan media iwork keynote dan mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media iwork keynote. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat. Peneliti beranggapan bahwa Iwork keynote adalah media pembelajaran yang dirasa tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan ini peneliti menyusun hipotesis bahwa “ penggunaan media iwork keynote diduga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi sejarah Islam masa Khulafaurrasyiddin”. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah Silabus, RPP, lembar observasi dan lembar evaluasi. Analisis data menggunakan perhitungan statistik sederhana. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan berikut: (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media iwork keynote masih rendah atau dibawah KKM (75), rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,2 dengan prosentase ketuntasan 20.5%. (2) Proses pembelajaran berlangsung baik. Aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan. Skor aktivitas siswa siklus I adalah 36/60 dengan prosentase keterlaksanaan 60%, siklus II 49/60 dengan prosentase keterlaksanaan 81,7%, siklus III 57/60 dengan prosentase keterlaksanaan 95%. Skor aktivitas guru siklus I adalah 36/65 dengan prosentase keterlaksanaan 55,3%, siklus II 49/65 dengan prosentase keterlaksanaan 75,4%, siklus III 63/65 dengan prosentase keterlaksanaan 96%. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media iwork keynote mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar Siklus I sebesar 71,2 dengan prosentase ketuntasan 44%, siklus II 75,1 dengan prosentase ketuntasan 76%, siklus III 88,2 dengan prosentase ketuntasan 100%. Berdasarkan pemabahasan diatas, penggunaan media iwork keynote dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi sejarah Islam masa Khulafaurrasyiddin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Khulafaurrasyiddin; Islam; Media;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 May 2019 02:06
Last Modified: 07 May 2019 02:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20111

Actions (login required)

View Item View Item