Penerapan model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada Kelas VII SMPN 2 Selaawi

Sidik, Abdul Rahman (2016) Penerapan model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada Kelas VII SMPN 2 Selaawi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (928kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_AB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa sangatlah penting untuk dikuasai oleh siswa karena dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Akan tetapi kenyataan di lapangan masih rendah, maka dari itu kemampuan komunikasi matematis perlu ditingkatkan. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut menggunakan model STHL baik dengan teknik diskusi panel (STHL A) maupun dengan teknik diskusi windows shopping (STHL B). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran model STHL A, (2) aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran model STHL B, (3) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis model STHL A, STHL B dan konvensional, (4) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis model STHL A, STHL B dan konvensional, (5) sikap siswa terhadap model STHL A maupun STHL B. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design (Pretest dan Posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sampel yang digunakan kelas VII-B (STHL A), VII-C (STHL B) dan VII-D (Konvensional). Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi dan lembar skala sikap. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran STHL A mengalami peningkatan setiap pertemuannya dengan kriteria baik, (2) aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran STHL B mengalami peningkatan setiap pertemuannya dengan kriteria baik, (3) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model STHL A, STHL B dan konvensional, (4) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model STHL A, STHL B dan konvensional, (5) sikap siswa positif terhadap model STHL A maupun STHL B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STHL A; STHL B; Komunikasi Matematis;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 May 2019 01:53
Last Modified: 07 May 2019 01:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20120

Actions (login required)

View Item View Item