Aktivitas jama’ah Majlis Ta’lim As- Syifa Walmahmudiyah : Studi interaksionisme simbolik masyarakat kampung Pasawahan desa Sayati kecamatan Margahayu kabupaten Bandung

Maryam, Mamay Siti (2017) Aktivitas jama’ah Majlis Ta’lim As- Syifa Walmahmudiyah : Studi interaksionisme simbolik masyarakat kampung Pasawahan desa Sayati kecamatan Margahayu kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)

Abstract

Aktivitas yang sudah menjadi tradisi Jama’ah pengajian majlis ta’lim As-Syifa Walmahmudiyah yaitu aktivitas pengajian yang memiliki karakter unik. Kegiatan pengajian yang diadakan tidak lajim, yaitu waktu pelaksanaan pengajian dari ba’da Isya pukul 20.00 sampai menjelang subuh 03.00. Pengajian ini hanya diikuti oleh komunitas Majlis Ta’lim As-Syifa. Aktivitas jama’ah yang terjadi dalam kegiatan pengajian diberbagai masyarakat, biasanya dipertahankan melalui program pengajian baik rutin maupun pada peringatan hari besar Islam saja. Dimana aktivitas jama’ah tersebut pada akhirnya menjadi sebuah kegiatan yang diikuti oleh masyarakat. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan (Mind) konsep diri ( Self ) dan interaksi social ( Society) Jama’ah Majlis Ta’lim As-Syifa Walmahmudiyah Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Dalam aktifitas tersebut ada pesan – pesan dakwah yang dikomunikasikan kepada masyarakat melalui kegiatan dakwah yang dilakukan oleh Mjlis T’lim As- Syifa Walmahmudiyah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui para da’i mengetahui aktivitas sebuah jama’ah majlis ta’lim, Desa Sayati Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini dapat menambah khazanah keilmuan dalam ilmu komunikasi penyiaran Islam. Selanjutnya hasil penelitian ini adalah untuk memetakan bagaimana pola pengembangan dakwah atau pembangunan masyarakat yang tergabung dalam sebuah jama’ah majlis ta’lim dengan pendekatan komunikasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Interpretif. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik. Hasil Penelitian ini bahwa aktivitas jama’ah majlis ta’lim As- Syifa Walmahmudiyah yang merupakan aktivitas penyampaian dakwah melalui tabligh, di maknai oleh Da’i dan masyarakat sekitar adalah semata – mata untuk menyebarkan pesan dakwah dengan waktu pelaksanaan yang berbeda dari biasanya yaitu ba’da isya sampai menjelang subuh, bertujuan lebih panjang dalam pelaksanaanya, sehingga keberkahanya dapat dirasakan oleh semua warga dalam menghadiri acara pengajian tersebut. Hasil penelitian ini juga bisa dijadikan refleksi dan model pendekatan dakwah dan pemberdayaan masyarakat melalui pengajian yang diadakan jama’ah majlis ta’lim As-Syifa Walmahmudiyah. Selanjutnya untuk penelitian lanjutan dapat diarahkan pada perkembangan dakwah masyarakat baik dari segi metodologi, teori dan pembahasan lainya yang masih luas untuk dikaji.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Jamah Majlis Ta’lim As- Syifa Wal- Mahmudiyah; Interaksionisme Simbolik; Dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 08 May 2019 02:53
Last Modified: 08 May 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item