Model pemberdayaan masyarakat miskin melalui Program Keluarga Harapan: Penelitian di Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis

Hidayati, Eva Fauzia Sri (2019) Model pemberdayaan masyarakat miskin melalui Program Keluarga Harapan: Penelitian di Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kekhawatiran peneliti terhadap kemiskinan yang terjadi di Desa Puloerang. Kemiskinan ini terjadi akibat kurangnya perhatian masyarakat terhadap pentingnya pendidikan dan kesehatan. Kemudian pemerintah membentuk salah satu program penanggulangan kemiskinan bernama Program Keluarga Harapan. Program Keluarga Harapan (PKH) ini dilaksanakan di Desa Puloerang sebagai salah satu upaya dalam memberdayakan masyarakat miskin di Desa Puloerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH di Desa Puloerang, untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH di Desa Puloerang, dan untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH di Desa Puloerang. Berdasarkan uraian diatas dapat dirumuskan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH di Desa Puloerang. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori pemberdayaan masyarakat yang dikemukakan oleh Sumodiningrat dalam buku Sulistiyani. Sumodiningrat menjelaskan tiga tahapan dalam memberdayakan masyarakat. Tiga tahapan tersebut antara lain: tahap penyadaran dan pembentukan perilaku sadar dalam masyarakat; tahap transformasi pengetahuan dan keterampilan dalam masyarakat, seta; tahap peningkatan kemapuan intelektual dan kecakapan keterampilan untuk membentuk kemandirian dalam masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan cara menganalisis data yang didapat dari hasil wawancara dan observasi, kemudian memaparkan hasil analisis tersebut dalam bentuk narasi serta dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto, dokumen perundang-undangan dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menggambarkan model pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH. Hasil penelitan yang didapatkan dalam penelitan ini yaitu: pertama program pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH di Desa Puloerang terealisasi dalam pelaksanaan program BPNT dan kegiatan P2K2. Kedua, pelaksanaan pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH di Desa Puloerang terdapat pada tahapan pemberdayaan masyarakat dalam mekanisme pelaksanaan PKH. Ketiga, faktor penunjang dari pemberdayaan masyarakat melalui PKH ini adalah adanya aturan reward dan punishment dalam pelaksanaan kewajiban PKH sebagai efek jera, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang memadainya fasilitas kesehatan di Posyandu dan Puskesmas di Desa Puloerang serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan P2K2. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH menjelaskan PKH sebagai gambaran program penanggulan kemiskinan yang menggunakan metode pemberdayaan masyarakat sebagai upaya atau usaha yang dilakukan pemerintah dalam menghapuskan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kemiskinan; Program Keluarga Harapan; PKH;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Social Process
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: EVA FAUZIA SRI HIDAYATI
Date Deposited: 09 May 2019 06:16
Last Modified: 09 May 2019 06:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item