Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Profitabilitas terhadap nilai perusahaan : Studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017

Lestari, Siti (2019) Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Profitabilitas terhadap nilai perusahaan : Studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy

Abstract

Seperti kita ketahui, bahwa pada dasarnya tujuan manajemen keuangan adalah memaksimumkan nilai perusahaan. Akan tetapi di balik tujuan tersebut masih terdapat konflik antara pemilik perusahaan dengan penyedia dana sebagai kreditur. Jika perusahaan berjalan lancar, maka nilai saham perusahaan akan meningkat, sedangkan nilai hutang perusahaan dalam bentuk obligasi tidak terpengaruh sama sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai dari saham kepemilikkan bisa merupakan indeks yang tepat untuk mengukur tingkat efektifitas perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan manajemen keuangan dinyatakan dalam bentuk maksimalisasi nilai saham kepemilikkan perusahaan, atau memaksimalkan harga saham. Tujuan dari memaksimumkan harga saham tidak berarti bahwa para manajer harus berupaya mencari kenaikkan nilai saham dengan mengorbankan para pemegang obligasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, verifikatif, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi dengan metode pendekatan data crossectional menggunakan aplikasi SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rasio Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0,879 > 0,05 dan nilai t hitung -0,156 < t tabel 2,228. Rasio Solvabilitas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0,922 > 0,05 dan nilai t hitung -0,100 > nilai t tabel -2,228. Rasio Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 dan t hitung 3,890 > t tabel 2,228. Secara simultan Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan yang dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0,021 < 0,05 dan nilai F hitung 5,099 > F tabel 3,59 dengan persentase sebesar 60,5%, sedangkan sisanya 39,5% (100%-60,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan; Rasio Likuiditas; Rasio Solvabilitas; Rasio Profitabilitas
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Siti Lestari
Date Deposited: 13 May 2019 06:57
Last Modified: 16 May 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20264

Actions (login required)

View Item View Item