Kepemimpinan dalam masyarakat Dayak Losarang: studi deskriptif di kampung Segandu, desa Krimun, kecamatan Losarang, kabupaten Indramayu

Silvia, Dera (2019) Kepemimpinan dalam masyarakat Dayak Losarang: studi deskriptif di kampung Segandu, desa Krimun, kecamatan Losarang, kabupaten Indramayu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan merupakan sebuah kunci penting dalam setiap organisasi ataupun komunitas. Pemimpin mempunyai peran penting yaitu kunci dalam sistem kepemimpinan, kepemimpinan merupakan tindakan untuk mempengaruhi orang lain agar sesuai dengan visi bersama. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kepemimpinan dalam masyarakat Dayak Losarang, bagaimana perubahan kepemimpinan yang terjadi dalam masyarakat Dayak Losarang, bagaimana faktor-faktor perubahan kepemimpinan dalam masyarakat Dayak Losarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepemimpinan dalam masyarakat Dayak Losarang, mengetahui perubahan kepemimpinan yang terjadi dalam masyarakat Dayak Losarang, serta mengetahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kepemimpinan dalam masyarakat Dayak Losarang. Teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan kharismatik Max Weber dan teori perubahan sosial Ricard Emerson. Max Weber mengatakan bahwa terdapat tiga tipe kepemimpinan yaitu: kharismatik, tradisional, dan rasional. Sedangkan teori perubahan sosial menurut Richard Emerson menekankan lebih dari sekedar tindakan individual. Menaruh perhatian pada hubungan diantara beragam individu, khususnya menyangkut kekuasaan (power) dan ketergantungan (dependence). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari ketua dan ajudan komunitas masyarakat Dayak Losarang, anggota lama serta anggota baru komunitas masyarakat Dayak Losarang, dan Kepala Desa. Data sekunder diperoleh dari skripsi, yang membahas tentang Dayak Losarang dan buku-buku tentang kepemimpinan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan masyarakat Dayak Losarang kunci pentingnya ada pada pemimpin yang memiliki kharismatik tinggi, kepemimpinan masyarakat Dayak Losarang berpusat pada ajaran alam ngaji rasa (sabar, jujur, benar, nerima), perubahan kepemimpinan komunitas Dayak Losarang mengalami perubahan anggota kelompok, banyak dari anggota lama keluar dari komunitas, serta bertambahnya anggota baru yang bergabung, setiap perubahan kepemimpinannya berdasarkan wangsit. Faktor internal adanya perubahan sistem kepemimpinan, seperti perubahan nama komunitas dari tahun ke tahun, banyak yang memutuskan untuk keluar komunitas dari anggota lama sebab menganggap ajaran alam ngaji rasa (sabar, jujur, benar, nerima) hanya dianggap sekedar ajaran saja. Dilihat dari faktor eksternal yaitu adanya perubahan teknologi yang dialami oleh komunitas ini, mengalami dampak positif dari teknologi baik dalam bidang transportasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Pemimpin; Dayak Losarang
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Culture and Institutions
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: dera silvia
Date Deposited: 13 May 2019 07:01
Last Modified: 16 May 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20271

Actions (login required)

View Item View Item