Pengaruh laba bersih dan arus kas operasi terhadap kebijakan dividen (Studi pada PT. Astra Internasional Tbk periode 2003-2017)

Rismayanti, Rismayanti (2019) Pengaruh laba bersih dan arus kas operasi terhadap kebijakan dividen (Studi pada PT. Astra Internasional Tbk periode 2003-2017). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal (capital market) didefinisikan sebagai pasar untuk berbagai instrument keuangan (atau sekuritas) jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta. Bentuk keuntungan atas kegiatan investasi saham di pasar modal yaitu dividen. Mendapat keuntungan merupakan tujuan utama para investor. Earning Per Share (EPS) adalah rasio yang menunjukan besarnya laba dari tiap lembar saham. Arus kas operasi merupakan arus kas yang berasal dari kegiatan operasi yang dihasilkan akibat transaksi dan kejadian yang mempengaruhi laba operasional baik dari produksi dan penjualan barang maupun persediaan. Dividen merupakan bagian keuntungan yang dibayarkan oleh perusahaan kepada para pemegang sahamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Astra Internasional Tbk Periode 2003-2017. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, statistik deskriptif, analisis linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi dengan metode pendekatan data time series menggunakan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Laba Bersih (EPS) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2,508 dan nilai ttabel sebesar 1,7822 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga diperkuat dengan tingkat uji signifikansi (P-value) sebesar 0,028 yang berada di bawah tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05. Arus Kas Operasi secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR) yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 1,710 dan nilai ttabel sebesar 1,7822 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini juga diperkuat dengan tingkat uji signifikansi sebesar 0,113 yang berada di atas tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05. Laba Bersih (EPS) dan Arus Kas Operasi secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR) yang dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 7,358 dan nilai Ftabel sebesar 3,89 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga diperkuat dengan tingkat uji signifikansi sebesar 0.008 yang berada dibawah tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05 dan mempunyai proporsi pengaruh sebesar 0,551. Artinya variabel independen (Laba Bersih (EPS) dan Arus Kas Operasi) memiliki pengaruh 55,1%, sedangkan sisanya 44,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laba Bersih; Arus Kas Operasi; Kebijakan Dividen
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rismayanti Rismayanti
Date Deposited: 16 May 2019 02:18
Last Modified: 16 May 2019 02:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20305

Actions (login required)

View Item View Item