Pengaruh tempat kos terhadap etika pergaulan mahasiswa: Studi tentang perilaku mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Kelurahan Cipadung

Nur'aiini, Luthfi Fauziyyah (2018) Pengaruh tempat kos terhadap etika pergaulan mahasiswa: Studi tentang perilaku mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Kelurahan Cipadung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tempat kos terhadap etika pergaulan mahasiswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tempat kos terhadap etika pergaulan mahasiswa studi kasus pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang bertempat kos di Kelurahan Cipadung. Dengan mengetahui pengaruh kondisi tempat kos terhadap etika pergaulan mahasiswa, maka diharapkan etika pergaulan yang ada pada diri mahasiswa lebih baik dari sebelumnya. Etika merupakan hal penting dan kunci dalam berinteraksi dengan individu lain. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku sosial dari Max Weber. Asumsi dasar dari teori ini adalah bahwa tindakan manusia muncul dari kesadaran dan dari situasi lingkungan yang mengitarinya. Menurut Weber, dunia terwujud karena tindakan sosial atau perilaku sosial. Manusia melakukan sesuatu karena manusia tersebut memutuskan untuk melakukannya dan ditujukan untuk mencapai hal yang diinginkannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan statistik parametrik, dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling (Sampel Acak Sederhana), dari 1661 populasi setelah di hitung menjadi 95 responden. Teknik pengolahan datanya berupa korelasi product moment pearson, regresi linier sederhana, uji t dan determinasi. Berdasarkan analisis hubungan kedua variabel diperoleh nilai koefisien korelasi antara variabel X dan Y didapat nilai korelasi (r) sebesar 0,460 yang menunjukkan adanya hubungan yang sedang. Dari hasil regresi didapat persamaan regresinya: Ŷ = 25,779 + 0,476 X dengan nilai signifikasi 0,002. Pengujian menggunakan tingkat signifikasi 0,05 dan 2 sisi (α = 5%). Berdasarkan output program SPSS maka didapat nilai t hitung sebesar 4,998. Tabel distribusi t dicari pada tabel statistik pada signifikasi 0,05/2 dengan derajat kebebasan df = n – k – 1 = 67. Hasil yang diperlibatkan pada t tabel sebesar 1,697. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh antara tempat kos terhadap etika pergaulan mahasiswa, karena nilai signifikasi sebesar 0,000 jika tingkat kesalahan yang digunakan adalah 0,05 atau (5%) maka nilai tersebut (0,000) < dari 0,05 atau (5%) artinya H0 ditolak, sehingga H1 diterima. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa ada pengaruh antara tempat kos terhadap etika pergaulan mahasiswa sebesar 21,2%, sedangkan sisanya 78,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tempat Kos; Etika Pergaulan; Mahasiswa
Subjects: Ethics of Social Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Luthfi Fauziyyah Nur'ainii
Date Deposited: 16 May 2019 02:41
Last Modified: 16 May 2019 02:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20353

Actions (login required)

View Item View Item