Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada sub materi sistem hormon

Alfiansyah, Farhan (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada sub materi sistem hormon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I1.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari semakin tingginya persaingan di masa yang akan datang dalam bidang apapun khususnya bidang pendidikan dibuktikan susahnya siswa lulusan SMA masuk PTN negri pada tahun ini. Sehingga tidak hanya dalam hal akademik peserta didik juga di tuntut untuk memiliki keterampilan berpikir kreatif agar bisa memenangkan persaingan tersebut. Berdasarkan hal tersebut, melalui penelitian dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw II ini diharapkan terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa khususnya pada pelajaran biologi pada sub materi sistem hormon khususnya di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw II, mengetahui keterampilan berpikir kreatif dengan menggunakan model Jigsaw II dan mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw II terhadap keterampilan berpikir kraetif siswa pada Sub materi sistem hormon.. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 semester 2 SMA Negeri 1 Cicalengka Cicalengka Kab. Bandung 2014/2015 sebanyak 72 orang. Penelitian ini berangkat dari sebuah pemikiran bahwa model pembelajaran Jigsaw II dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. karena pada model pembelajaran ini ada tahapan dimana siswa harus mencari informasi tentang materi yang di dapatnya selain itu siswa juga akan menjelaskan materi tersebut kepada anggota kelompoknya sendiri dan itu membutuhkan keterampilan berpikir kreatif agar siswa bisa melaksanakannya. Metode yang digunakan “Quasi Eksperiment Design” pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes dan lembar observasi, hasil yang diperoleh berasal dari tes dengan jumlah 6 soal essay untuk tes awal dan tes akhir, data yang berasal dari lembar observasi dengan jumlah 25 pernyataan. Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Jigsaw II terhadap keterampilan berpikir kretif siswa pada sub materi sistem hormon lebih baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata tes akhir keterampilan berpikir kreatif untuk kelas ekperimen diperoleh 78,53 sedangkan nilai rata-rata tes akhir keterampilan berpikir kreatif siswa untuk kelas kontrol diperoleh 68,17 dan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw II dengan nilai rata-rata keterlaksanaan 100%. Setelah dilakukan uji U, diketahui Z hitung (7,29) > Z tabel (1,99) Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw II berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada sub materi sistem hormon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Jigsaw ; Hormon; Koopratif
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 May 2019 02:58
Last Modified: 17 May 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20370

Actions (login required)

View Item View Item