Pengaruh operating leverage dan financial leverage terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2017

Handari, Ika Puspa (2019) Pengaruh operating leverage dan financial leverage terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah Earning Per Share. Karena EPS menunjukkan baik buruknya kinerja perusahaan. EPS dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satu adalah Operating Leverage dan Financial Leverage. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah Operating Leverage dan Financial Leverage dapat mempengaruhi Earning Per Share. Penelitian menggunakan teori Brigham & Houston (2001) yang mengatakan bahwa pengunaan Leverage diharapkan dapat meningkat Earning per Share. Jadi semakin Leverage makan semakain tinggi Earning per Share yang diharapkan. Rasio Leverage yang digunakan adalah operating leverage dan financila leverage. Kedua rasio tersebut akan mempengaruhi penjulan terhadap laba sebelum beban bunga dan pajak (EBIT). Sehingga apabali perusahaan mampu membayar beban tetap atas penggunaan utang tersebut perusahaan dapat meningkatkan Earning per Share. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptir verifikatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah data kuantitatif karena dinyatakan dalam angka-angka yang menunjukkan nilai terhadap variabel yang diwakili. Sumber data digunakan adalah data sekunder yang meliputi data laporan keuangan perusahaan yang diperleh dari Indonesian stock exchang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling kemudian data diproses menggunakan analisis data panel menggunakan Eviews 8. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Operating leverage tidak berpengaruh positif terhadap earning per share. Sedangkan Financial leverage berpengaruhi positif terhadap earning per share. Dilihat secara simultan Operating Leverage dan Financial Leverage terhadap Earning per Share berpengaruh signifikan dan memiliki arah yang positif. Sedangkan berdasarkan uji determinasi operating leverage dan financial leverage memiliki hubungan yang sangat kaut terhadap earning per share. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak selalu penggunaan Leverage dapat meningkatkan Earning per share. Hal tersebut dapat dilihat dari pegaruh operating leverage tehradap earning per share dalam hasil penelitian ini. Karena kita tidak mengetahui secara spesifik tingkat penggunaan utang yang dapat menghasilkan keuntungan. Karena penggunaan utang yang terlalu tinggi tanpa diikuti dengan peningkatkan penjualan akan menyebabkan penurunan terhadap earning per share.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: OperatingLleverage; Financial Leverage; Earning Per Share
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ika Puspa Handari
Date Deposited: 17 May 2019 03:21
Last Modified: 17 May 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20377

Actions (login required)

View Item View Item