Pengelolaan aset daerah pada bidang perdagangan regional dan luar negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung: Studi kasus persediaan formulir Surat Keterangan Asal (SKA) Tahun 2015-2018

Aprianti, Resti (2019) Pengelolaan aset daerah pada bidang perdagangan regional dan luar negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung: Studi kasus persediaan formulir Surat Keterangan Asal (SKA) Tahun 2015-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Bidang Perdagangan Regional dan Luar Negeri Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Bandung merupakan instansi yang bertugas dalam pelayanan ekspor dan impor di Kota Bandung khususnya dalam pelayanan formulir Surat Keterangan Asal (SKA) yang merupakan Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 25 Tahun 2018 tentang Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (SKA). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengelolaan aset daerah atau persediaan formulir Surat Keterangan Asal (SKA) dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam persediaan formulir Surat Keterangan Asal (SKA) pada Bidang Perdagangan Regional dan Luar Negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori dari Chabib Sholeh dan Heru Rohmansjah yang menjelaskan bahwa pengelolaan aset daerah meliputi tiga fungsi utama, yaitu adanya perencanaan yang tepat, pelaksanaan dan/atau pemanfaatan secara efisien dan efektif, serta pengawasan. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data penulis melakukan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian ini bahwa pengelolaan aset daerah (Persediaan Formulir SKA) pada Bidang Perdagangan Regional Dan Luar Negeri Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Bandung yang meliputi perencanaan yang tepat yaitu perencanaan kebutuhan formulir SKA sudah baik dilakukan dan direncanakan dengan sesuai dan tepat. Pelaksanaan secara efektif dan efisien meliputi pelaksanaan yang sesuai dengan asas-asas pengelolaan aset daerah yaitu asas fungsional, asas kepastian hukum, asas transparansi dan asas akuntabilitas sudah dilaksanakan secara maksimal dan dilaksanakan secara efektif dan efisien, sedangkan untuk asas efisiensi dan asas kepastian nilai belum dilaksanakan dengan maksimal dan belum secara efektif serta efisien. Pengawasan pada Bidang Perdagangan Regional Dan Luar Negeri Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Bandung, sudah melakukan pengawasan secara internal setiap bulan dan pengawasan secara eksternal setiap tahun yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Persediaan dan Formulir SKA;
Subjects: Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Resti Ires Aprianti
Date Deposited: 17 May 2019 06:22
Last Modified: 17 May 2019 06:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item View Item