Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai dengan kepemimpinan sebagai variabel moderasi di Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Bandung

Pardede, Abi Nubli (2019) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai dengan kepemimpinan sebagai variabel moderasi di Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) Bandung merupakan lembaga pemerintah yang bertugas mengelola sember daya air di DAS Citarum yang mempunyai tugas pokok meliputi perencanan, pelaksanaan kontruksi, operasi, pemeliharaan, dan mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sumber daya air di Kota Bandung. Untuk tercapainya tujuan organisasi, ada beberapa hal yang harus ditingkatkan sumber daya manusianya sendiri karena ada permasalahan seperti disiplin kerja pegawai BBWS Citarum. Kemudian peran kepemimpinan juga harus diperhatikan dalam BBWS Citarum Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin Kerja (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y) yang dimoderasi oleh Kepemimpinan (M) di Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Bandung, dan mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai dengan kepemimpinan sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, kuantitatif dalam pengertian bahwa dalam penelitian ini dilakukan dengan pengujian statistic (SPSS versi 24. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan data melalui wawancara dan angket (kuesioner). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi hirarki (Hierarchical Regression Analysis). Hasil pengujian menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, besar pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja pegawai yaitu sebesar 18% yang didapat dari hasil R2 yaitu 0,180. Kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja pegawai secara positif dan signifikan, besar pengaruh antara kepemimpinan terhadap kinerja pegawai yaitu sebesar 24,4% yang didapat dari hasil R2 yaitu 0,244. Variabel moderasi memperkuat pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Hal ini dilihat dari hasil nilai R2 yang bertambah yaitu 0,217 atau sebesar 21,7% dari nilai sebelumnya 0,244 atau 24,4% menjadi 0,461 atau 46,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja; Kepemimpinan; Kinerja Pegawai;
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Abi Nubli Pardede
Date Deposited: 17 May 2019 07:22
Last Modified: 17 May 2019 07:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20391

Actions (login required)

View Item View Item