Pengaruh piutang usaha dan persediaan terhadap total aset lancar pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) (studi di PT. Aneka Tambang Tbk. Periode 2015-2017)

Lestari, Winda Dwi (2019) Pengaruh piutang usaha dan persediaan terhadap total aset lancar pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) (studi di PT. Aneka Tambang Tbk. Periode 2015-2017). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Piutang Usaha dan Persediaan merupakan komponen Total Aset Lancar yang selalu berputar. Piutang usaha dapat berpengaruh terhadap besar kecilnya keuntungan yang diperoleh perusahaan. Dan jika persediaan perusahaan semakin cepat dalam melakukan penjualan barang dagang sehingga semakin cepat pula bagi perusahaan dalam memperoleh dana baik dalam bentuk uang tunai (Kas) ataupun piutang. Dana yang diperoleh tersebut kemudian dapat digunakan untuk pembiayaan aktiva lancar perusahaan sehingga akan menunjukan kondisi perusahaan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah : pertama, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Piutang Usaha terhadap Total Aset Lancar secara parsial; kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Persediaan terhadap Total Aset Lancar secara parsial; ketiga, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Piutang Usaha dan Persediaan terhadap Total Aset Lancar secara simultan. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskripstif dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari analisis regresi linier (sederhan dan berganda), analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis korelasi ganda, koefisien determinasi, serta Uji hipotesis Uji t (parsial) dan Uji F (simultan). Adapun pengelolaan data penggunakan SPSS for windows version 22 dan microsoft Excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Objek penelitian ini adalah PT Aneka Tambang Tbk yang merupakan perusahaan pertambangan yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal berorientasi ekspor. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial hasil uji t memperoleh nilai thitung>ttabel yakni -2,355>2,228 bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya Piutang Usaha berpengaruh signifikan terhadap Total Aset Lancar. Kemudian hasil uji t diperoleh nilai thitung < ttabel yakni -1,804 < 2,228 bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, yang artinya Persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Aset Lancar. Sedangkan secara simultan hasil uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel 8,062 > 4,26 sehingga dapat dirumuskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Piutang Usaha dan Persediaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Total Aset Lancar pada PT Aneka Tambang Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Piutang Usaha; Persediaan; Total Aset Lancar;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: winda dwi lestari
Date Deposited: 20 May 2019 03:41
Last Modified: 20 May 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20429

Actions (login required)

View Item View Item