Transformasi Kampung Bekelir terhadap perubahan sosial masyarakat: Penelitian di Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang Kota Tangerang

Suciani, Ika Yuna (2019) Transformasi Kampung Bekelir terhadap perubahan sosial masyarakat: Penelitian di Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang Kota Tangerang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Setiap kehidupan manusia selalu berusaha melakukan perubahan dalam hidupnya, penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan masyarakat dan pemerintah setempat untuk merubah predikat kampung kumuh sedang menjadi kampung wisata. Anggapan Kampung Bekelir yang kotor, kumuh dan menjenuhkan sudah jauh berbeda saat ini. Perlahan-lahan potret muram kondisi lingkungan Kampung Bekelir ini berubah setelah dirias dengan cat warna-warni dan mural cantik yang instagramable sehingga menjadi kampung wisata kreatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses transformasi Kampung Bekelir dan mendeskripsikan perubahan sosial yang terjadi di Kampung Bekelir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional perspektif Talcott Parsons. Dalam sistem sosial setidaknya harus ada empat fungsi yang dibutuhkan yaitu: Adaptation di mana masyarakat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru pasca transformasi, Goal Attainment di mana transformasi menjadi kampung wisata ini memiliki tujuan menaikan derajat kualitas hidup masyarakat yang lebih baik, Integration di mana semua pihak berperan saling bekerjasama untuk memberikan efek positif kemajuan dan Latency di mana kampung wisata ini dapat terus mempertahankan eksistensinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode ini di pandang tepat untuk menganalisis pada kondisi alamiah yang terjadi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer terdiri dari Bapak Lurah, tokoh masyarakat, pedagang kuliner dan masyarakat setempat. Selain itu dilengkapi data sekunder berupa dokumen dan literatur yang berkaitan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu Kampung Bekelir Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, transformasi pada Kampung Bekelir merupakan ide original masyarakat setempat yang ingin merubah predikat kampung kumuh dan di dukung program pemerintah Kota Tangerang untuk membangun kampung-kampung wisata sebagai kota layak dikunjungi sebagaimana konsep yang terkandung dalam Tangerang Live. Kedua, transformasi Kampung Bekelir telah membawa perubahan sosial pada masyarakat meliputi: Pertama, perubahan lingkungan tempat tinggal yakni, perubahan fisik Kampung Bekelir menjadi kampung wisata yang instagramable. Kedua, perubahan prilaku yakni, perubahan masyarakat yang lebih disiplin, bergotong-royong dan melakukan kegiatan beredukasi. Ketiga, Perubahan pola pikir yakni, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan dan penataan lingkungan yang rapih. Keempat, perubahan mata pencaharian yakni, menjadi kampung wisata banyak masyarakat terutama ibu rumah tangga yang membuka usaha kuliner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Transformasi; Kampung Bekelir; Perubahan Sosial; Masyarakat;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ika Yuna Suciani
Date Deposited: 20 May 2019 06:50
Last Modified: 20 May 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item