Bimbingan pendekatan behavioral dalam pengembangan kreativitas menulis santri: Studi di Yayasan Pesantren Yatim Al-Kasyaf, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung

Rachmawati, Rina (2019) Bimbingan pendekatan behavioral dalam pengembangan kreativitas menulis santri: Studi di Yayasan Pesantren Yatim Al-Kasyaf, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Generasi muda Indonesia yang ketinggalan jauh dengan generasi bangsa lain dalam bidang literasi dibuktikan dengan hasil penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2012 bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua terburuk dari 65 negara di dunia. Yayasan Pesantren Yatim Al-Kasyaf memiliki program bimbingan dalam pengembangan kreativitas menulis dan public speaking untuk mengatatasi rendahnya budaya literasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan dinamika yang terjadi dalam kegiatan bimbingan pendekatan behavioral dalam pengembangan kreativitas menulis santri di Yayasan Pesantren Yatim Al-Kasyaf. Penelitian dilandaskan pada dasar pemikiran bahwa perilaku manusia adalah bentuk dari hasil belajar atas pengamatannya terhadap tingkah laku orang lain dan lingkungan (modelling). Teori yang di gunakan adalah teori bimbingan behavioral dari Albert Bandura (Yusuf dan Nuruihsan, 2004: 132) yaitu bahwa perilaku, kognitif, dan lingkungan dapat saling mempengaruhi (reciprocal determinism). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggambarkan situasi dan kondisi sosial santri Al-Kasyaf. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung dengan pengurus dan pembimbing Yayasan Pesantren Yatim Al-Kasyaf. Proses bimbingan behavioral dalam pengembangan kreativitas menulis santri dilakukan dengan teknik modelling (peniruan) dan dinamika yang terjadi selama proses bimbingan ditangani dengan penggunaan teknik terapi aversi (pemberian reward dan punishment) bagi para santri. Di kalangan santri menulis menjadi suatu kegiatan yang membudaya, setiap santri berhasil menciptakan karya tulis berupa satu buah buku dalam waktu satu bulan. Studi ini menyimpulkan bahwa bimbingan behavioral terbukti efektif dalam mengembangkan dan meningkatkan kreativitas literasi bagi para santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan Behavioraal; Kreativitas Menulis;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rina rachmawati
Date Deposited: 21 May 2019 07:51
Last Modified: 21 May 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20529

Actions (login required)

View Item View Item