Pengaruh penerapan metode ACQ (aku cinta al-Qur’an) terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal al-Qur’an: Penelitian quasi eksperimen pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Laboratorium-Percontohan UPI Kampus Cibiru

Inariska, Panca Selly (2019) Pengaruh penerapan metode ACQ (aku cinta al-Qur’an) terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal al-Qur’an: Penelitian quasi eksperimen pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Laboratorium-Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar%20Isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah pada siswa yang terlihat malas dan tidak bersemangat jika disuruh menghafalkan Al-Qur’an. Kurangnya minat itu terlihat bahwa siswa kurang bergairah dan antusias apabila disuruh menghafal sambil bergumam bersama-sama, masih banyak yang menghafal asal-asalan, sambil bercanda pada temannya, bahkan ada yang mengobrol. Diketahui bahwa metode yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran PAI dalam menghafal Al-Qur’an di kelas kurang efektif. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, adapun yang menjadi fokus rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses penerapan metode ACQ? 2. Sejauh mana peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur’an pada siswa? 3. Bagaimana pengaruh penerapan metode ACQ terhadap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa? Sejalan dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode ACQ 2. Mengetahui peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur’an pada siswa 3. Mengetahui pengaruh penerapan metode ACQ terhadap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa metode adalah cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan. Atas dasar itu peneliti memilih metode ACQ. Dengan metode ACQ siswa merasa seperti sedang bermain, tidak tertekan, enjoyable dalam setiap sesi pembelajaran membuat mereka cinta dalam mendengarkan Al-Qur’an dan jauh dari rasa keterpaksaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan studi dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan pendekatan uji statistik dan data kualitatif dianalisis menggunakan logika. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1. Proses penerapan metode ACQ terlaksana diawali dengan membacakan QS. An-Naba, pemberian informasi terkait langkah-langkah pembelajaran, siswa duduk berkelompok beranggotakan 6 orang, guru memberi contoh menghafal Al-Qur'an dan mengarahkan siswa untuk mengulangi setiap gerakan isyarat, guru memberi waktu 10 menit untuk siswa menghafal, siswa maju mendemonstrasikan hafalannya. 2. Peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode ACQ sebanyak 3%. Dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 15,3 (15%) dan nilai rata-rata posttest sebesar 18,16 (18%). 3. Penerapan metode ACQ berpengaruh signifikan terhadap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Thitung 3,30 > Ttabel 1,67022, maka hipotesis yang diajukan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode ACQ terhadap peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode ACQ (aku cinta al-Quran); Kemampuan Menghafal Al-Qur'an; Quasi eksperimen;
Subjects: Education > General Publications of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Alternative Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Panca Selly Inariska
Date Deposited: 22 May 2019 06:48
Last Modified: 22 May 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item View Item