Hubungan antara pemahaman siswa tentang salat dengan pengamalan mereka menunaikan salat lima waktu: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru

Wiranata, Kristin (2019) Hubungan antara pemahaman siswa tentang salat dengan pengamalan mereka menunaikan salat lima waktu: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada fenomena yang terjadi di SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa siswa telah memahami materi salat wajib, terbukti dengan baiknya skor tes tulis pemahaman siswa tentang salat dan skor tes praktik salat lima waktu siswa. Mestinya, hal itu membuahkan sikap konsistennya mereka menunaikan salat wajib. Namun pada kenyataannya banyak dari mereka yang tidak konsisten dalam menunaikan salat lima waktu. Hal tersebut menunjukkan suatu kesenjangan sehingga timbul permasalahan mengapa hal itu terjadi. Lalu, muncul pertanyaan: Bagaimana hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi salat dengan pengamalan mereka dalam menunaikan salat lima waktu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas pemahaman siswa tentang salat; (2) Realitas pengamalan siswa dalam melaksanakan salat lima waktu, dan; (3) Hubungan antara pemahaman siswa tentang salat dengan pengamalan mereka menunaikan salat lima waktu. Penelitian ini bertolak pada pernyataan bahwa pemahaman merupakan tahap awal pembelajaran yang dapat mempengaruhi tahapan pembelajaran selanjutnya. Apabila mengharapkan pengamalan yang baik maka haruslah didapati terlebih dahulu pemahaman yang baik. Hipotesis yang diajukan adalah “semakin baik pemahaman siswa tentang salat maka semakin tinggi pula pengamalan mereka dalam menunaikan salat lima waktu”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan hasil penelitian sebagaimana data yang diperoleh. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif terdiri dari observasi, wawancara, dan studi pustaka, sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Realitas pemahaman siswa tentang salat termasuk kategori sangat baik dengan skor rata-rata 87,03 yang berada pada kelas interval 80 – 100; (2) Realitas pengamalan siswa dalam menunaikan salat lima waktu termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 4,24 yang berada pada interval 3,5 – 4,5; (3) Hubungan antara keduanya adalah: (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori rendah dengan skor sebesar 0,33; (b) Hipotesisnya diterima yakni semakin baik pemahaman siswa tentang salat maka semakin tinggi pula pengamalan mereka menunaikan salat lima waktu, berdasarkan uji hipotesis yang menunjukkan t hitung (2,53)> t tabel (2,007); (c) Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 6%, artinya bahwa 94% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: salat; pemahaman; pengamalan; korelasi;
Subjects: Education, Research
Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: kristin wiranata
Date Deposited: 22 May 2019 07:30
Last Modified: 22 May 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20573

Actions (login required)

View Item View Item