Pengaruh bimbingan rohani Islam terhadap akhlak narapidana: Penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas IIA Bandung

Ismanto, Rizal (2018) Pengaruh bimbingan rohani Islam terhadap akhlak narapidana: Penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas IIA Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan rohani Islam merupakan salah satu program binaan yang tersedia di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas IIA Bandung, Hal ini sesuai berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 58 Tahun 1999 Bab IV pasal 14, yang menyatakan bahwa setiap tahanan berhak mendapatkan perawatan rohani. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa Lembaga Pembinaan Khusus Anak merupakan lembaga yang menampung anak-anak dari rentang usia 12-18 tahun, yang telah melakukan tindak pidana dan telah dijatuhi hukuman oleh lembaga peradilan. Hal ini disebabkan karena ulah perbuatan mereka sendiri, yang mencerminkan akhlak yang buruk. Karena pada dasarnya akhlak melekat dalam diri seseorang, bersatu dengan perilaku atau perbuatan. Jika perilaku yang melekat itu buruk, maka disebut akhlak yang buruk dan sebaliknya, apabila perilaku itu baik maka disebut akhlak yang baik pula. Maksud diadakannya program bimbingan rohani Islam ini ialah untuk membentuk kepribadian yang memiliki akhlak mulia bagi narapidana. Program ini dilaksanakan pada hari selasa sampai dengan hari kamis, dimulai dari jam 10.00 WIB sampai memasuki waktu dzuhur. Dengan agenda kegiatan yang berbeda di setiap harinya, mulai dari motivasi Islam, tadabur Al-Quran, tahfiz Al-Quran, pemberian materi seperti tauhid, aqidah akhlak, sejarah perkembangan Islam, dan psikologi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan rohani Islam terhadap akhlak narapidana di LPKA Kelas IIA Bandung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 35 narapidana LPKA Kelas IIA Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner/angket. Untuk dapat menganalisa sejauh mana pengaruh program bimbingan rohani Islam terhadap akhlak narapidana, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics Version 24. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari program bimbingan rohani Islam terhadap akhlak narapidana. Dimana hasil uji koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,559, yang memiliki arti 55,9 % program kegiatan bimbingan rohani Islam cukup berpengaruh terhadap akhlak narapidana di LPKA Kelas IIA Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Akhlak; Narapidana
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: rizal ismanto
Date Deposited: 23 May 2019 02:46
Last Modified: 23 May 2019 02:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20590

Actions (login required)

View Item View Item