Pengaruh utang usaha pihak ketiga dan utang pajak terhadap total liabilitas jangka pendek pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII): Studi di PT. Semen Indonesia Tbk Periode 2008-2017

Fatimah, Risya (2019) Pengaruh utang usaha pihak ketiga dan utang pajak terhadap total liabilitas jangka pendek pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII): Studi di PT. Semen Indonesia Tbk Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan dalam menghadapi persaingan global dituntut untuk dapat mengantisipasi persaingan yang terjadi antar setiap perusahaan. Persaingan yang ketat antar perusahaan menimbulkan perusahaan khususnya perusahaan PT. Semen Indonesia, Tbk. untuk melakukan kegiatan ekonomi dan mengelola fungsi-fungsi yang terdapat di dalam perusahaan secara efektif. Ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap penggunaan utang oleh perusahaan. Kemudahan perusahaan besar dalam mengakses pasar modal mendapat rating yang baik untuk penerbitan obligasi mereka, sehingga perusahaan dapat membayar bunga utang yang lebih rendah. Ukuran perusahaan juga dikaitkan dengan reputasi sebuah perusahaan, semakin besar ukuran perusahaan maka semakin besar pula persepsi reputasi terhadap mereka. Hal ini tentu menambah kemudahan perusahaan dalam mencari utang untuk pendanaan usahanya. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui seberapa besar pengaruh Utang Usaha Pihak Ketiga terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek PT. Semen Indonesia, Tbk secara parsial, (2) mengetahui sebesar besar pengaruh Utang Pajak terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek PT. Semen Indonesia, Tbk secara parsial, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh Utang Usaha Pihak Ketiga dan Utang Pajak terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek PT. Semen Indonesia, Tbk secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan analisis kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan PT. Semen Indonesia, Tbk periode 2008-2017 berasal dari halaman website resmi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi, dan Analisis Hipotesis yaitu Uji Signifikansi Parsial (Uji t) dan Uji Signifikansi Simultan (Uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows Version 25.0 dan Microsoft Excel 2016 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai t pengaruh Utang Usaha Pihak Ketiga terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek adalah 16,143 > 2,306 atau thitung > ttabel yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Sedangkan pengaruh Utang Pajak terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek adalah -1,079 < 2,306 atau atau thitung < ttabel yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Utang Usaha Pihak Ketiga dan Utang Pajak terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek adalah Fhitung > Ftabel yakni 117,063 > 4,74 dengan nilai signifikansi 0.000. Artinya, terdapat pengaruh signifikan antara Utang Usaha Pihak Ketiga dan Utang Pajak terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Utang Usaha Pihak Ketiga; Utang Pajak; Total Liabilitas Jangka Pendek;
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Risya Fatimah
Date Deposited: 27 May 2019 07:13
Last Modified: 27 May 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20631

Actions (login required)

View Item View Item