Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab materi membaca dengan menggunakan metode SQ3R: penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Al-Istiqomah Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung

Russamsi, Yunus (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab materi membaca dengan menggunakan metode SQ3R: penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Al-Istiqomah Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari munculnya permasalahan yang terjadi dikelas IV MI Al-Istiqomah tentang rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 70. Hal tersebut diidentifikasi dari rendahnya minat belajar, kurangnya partisipasi siswa, siswa tidak semangat belajar, bahkan sama sekali tidak pernah bertanya apabila menemukan kesulitan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi membaca qira’ah perlu digunakan metode yang dapat membantu proses pembelajaran dikelas sehingga kegiatan belajar dan pembelajaran lebih menyenangkan dan memudahkan siswa dalam menerima materi. Diantara metode yang relevan dengan tujuan seperti ini adalah metode SQ3R. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab materi membaca sebelum menggunakan metode SQ3R, (2) Untuk mengetahui proses penggunaan menggunakan metode SQ3R dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dan (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode SQ3R. Metode SQ3R merupakan suatu prosedur belajar membaca yang sistematik dalam memahami teks atau qira’ah yang terdapat dalam satu bidang ilmu pengetahuan ataupun yang lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Istiqomah sebanyak 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas, tes dan dokumentasi. ; Berdasarkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode SQ3R diperoleh nilai rata-rata sebesar 67 dengan persentase ketuntasan belajar 50%. Sedangkan proses aktivitas guru pada siklus I mencapai 70% dengan kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88%, dan pada siklus III mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 67% dengan kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83%, dan pada siklus III mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode SQ3R juga mengalami peningkatan. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan belajar 95%, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan 100%, kemudian meningkat pada siklus III dengan nilai rata-rata 98 dengan persentase ketuntasan 100% dengan kategori sangat baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ3R pada pembelajaran bahasa Arab pada materi membaca qira’ah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; Qira’ah; Siklus;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 24 May 2019 17:45
Last Modified: 24 May 2019 17:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20653

Actions (login required)

View Item View Item