Implementasi kebijakan Peraturan Bupati Garut Nomor 308 Tahun 2013 tentang penyelenggaraan pendidikan keagamaan Islam non formal: Studi kasus Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut

Rohman, Fajar Abdul (2018) Implementasi kebijakan Peraturan Bupati Garut Nomor 308 Tahun 2013 tentang penyelenggaraan pendidikan keagamaan Islam non formal: Studi kasus Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang dapat mempengaruhi generasi masa depan bangsa. Salah satunya sektor pendidikan pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di Kabupaten Garut. Pentingnya pendidikaan pada MDTA dibuktikan dengan berlakunya Peraturan Bupati Garut Nomor 308 Tahun 2013 yang merupakan hasil delegasi dari Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 11 Tahun 2011. Peraturan ini berlaku untuk semua wilayah yang ada di Kabupaten Garut salah satunya adalah kecamatan Cisompet. Kecamatan Cisompet merupakan salah satu kecamatan yang memiliki jumlah MDTA paling sedikit dibandingkan dengan kecamatan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan Peraturan Bupati Garut Nomor 308 Tahun 2013 dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran Agama Islam pada MDTA Kecamatan Cisompet, dan untuk mengetahui apa saja hambatan dalam menerapkan Peraturan Bupati Garut Nomor 308 Tahun 2013 (Studi kasus MDTA Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Donald Van Metter dan Carl Van Horn. Ada enam dimensi yang dijadikan alat ukur implementasi kebijakannya yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik para pelaksana, sikap para pelaksana, komunikasi antar organisasi dan lingkungan, ekonomi, sosial dan politik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Dewan Pimpinan Anak Cabang-Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DPAC-FKDT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan Peraturan Bupati Garut Nomor 308 Tahun 2013 (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) di Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut belum maksimal, hal ini dibuktikan dengan kurangnya tenaga kependidikan pada beberapa MDTA dan jumlah jam pelajaran yang kurang dari batas minimal. Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan Peraturan Bupati ini yaitu kurang maksimalnya sosialisasi yang diberikan FKDT kepada seluruh MDTA dan kurang tegasnya FKDT dalam mengevaluasi pelaksanaan kebijakan Peraturan Bupati ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Peraturan Bupati; Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah;
Subjects: Public Policy Issues in Education
Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Fajar Abdul Rohman
Date Deposited: 24 May 2019 07:30
Last Modified: 24 May 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20658

Actions (login required)

View Item View Item