Pengaruh current ratio dan gross profit margin terhadap net income pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Kalbe Farma Tbk periode 2007-2017

Alfiah, Vivi (2019) Pengaruh current ratio dan gross profit margin terhadap net income pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Kalbe Farma Tbk periode 2007-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Kepekaan suatu industri terhadap pasar berbeda-beda mengindikasikan bahwa antara industri memiliki risiko yang berbeda, demikian pula tingkat profitabilitas yang didapatkan, peluang berkembangnya perusahaan dan prospek masa depan. Analisis rasio juga menghubungkan unsur-unsur rencana dan perhitungan laba rugi sehingga dapat menilai efektivitas dan efisiensi perusahaan. Salah satu komponen untuk menilai keuangan perusahaan adalah rasio likuiditas (liquidity ratios). Apabila likuiditas suatu perusahaan baik maka tingkat pendapatan yang akan dihasilkan pun akan meningkat karena tidak ada kelebihan dana yang menganggur atau kekurangan dana yang membuat perusahaan tidak berjalan dengan baik. Rasio profitabilitas juga merupakan salah satu indikator untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Semakin baik tingkat profitabilitas maka semakin baik perusahaan dalam menghasilkan laba. Namun, temuan dalam laporan keuangan PT. Kalbe Farma Tbk menunjukan penyimpangan, dimana beberapa periode menunjukkan Current Ratio dan Gross Profit Margin yang ada berbanding terbalik dengan Net Income. Laporan keuangan PT. Kalbe Farma Tbk menjadi objek dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Current Ratio terhadap Net Income PT. Kalbe Farma Tbk secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Gross Profit Margin terhadap Net Income PT. Kalbe Farma Tbk secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisa Current Ratio dan Gross Profit Margin terhadap Net Income PT. Kalbe Farma Tbk secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Kalbe Farma Tbk periode tahun 2007-2017. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik, metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 23.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai uji t pengaruh Current Ratio terhadap Net Income adalah 1.269 < 2.306 atau thitung < ttabel yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan. Sedangkan pengaruh Gross Profit Margin terhadap Net Income adalah 1.544 < 2.306 atau thitung < ttabel yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Current Ratio dan Gross Profit Margin terhadap Net Income adalah Fhitung < Ftabel yakni 1.324 < 4.74 dengan nilai signifikansi 0,325. Artinya, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Current Ratio dan Gross Profit Margin terhadap Net Income.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Gross Profit Margin; Net Income;
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Vivi Alfiah
Date Deposited: 29 May 2019 06:48
Last Modified: 29 May 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20706

Actions (login required)

View Item View Item