Penerapan Qiraat Assab’ah untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan Ilmu Qiraat dalam Mata Pelajaran Quran Hadits: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X MA Wanasari Panyocokan Kabupaten Bandung

Fadilah, Sarah Nurul (2019) Penerapan Qiraat Assab’ah untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan Ilmu Qiraat dalam Mata Pelajaran Quran Hadits: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X MA Wanasari Panyocokan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Fakta saat ini menunjukkan bahwa pengetahuan Al- Quran siswa terhadap mata pelajaran Quran Hadits masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian dan penilaian sehari- hari siswa yang sebagian besar belum memuaskan dan masih banyak yang nilainya dibawah KKM sesuai dengan yang sudah ditetapkan yaitu 78. Sebagai contohnya berdasarkan hasil observasi di MA Wanasari kelas X, mereka tidak mengetahui ragam- ragam dari bacaan Al- Quran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan pengetahuan ilmu qiraat siswa di MA Wanasari Panyocokan (2) Proses Penerapan Qiroat As- Sab’ah untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan ilmu qiraat siswa dalam Pelajaran Quran Hadits di MA Wanasari Panyocokan (3) hasil Penerapan Qiroat As- Sab’ah dalam meningkatkan kemampuan pengetahuan ilmu Qiraat siswa dalam Pelajaran Quran Hadits di MA Wanasari Panyocokan. Untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang Ilmu Qiraat dalam mata pelajaran Quran Hadits, maka diperlukan penerapan materi yang dapat menunjang pengetahuan lainnya tentang Ilmu Qiraat siswa. Hal ini dapat terwujud dengan menerapkan materi Qiraat As- Sab’ah dalam mata pelajaran Quran Hadits dengan belajar mengunakan metode yang dapat membuat siswa aktif. Dalam penelitian ini penulis mengajukan hipotesis bahwa penerapan materi Qiraat As- Sab’ah dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan Ilmu Qiraat siswa dalam mata pelajaran Quran Hadits. Untuk membuktikan hipotesis tindakan diatas, diadakan penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Dengan subjek penelitian yaitu kelas X di MA Wanasari Panyocokan sebanyak 33. Intsrumen yang digunakan yaitu LKS, dan format observasi. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan pengetahuan Ilmu Qiraat siswa sebelum menerapkan materi Qiraat As- Sab’ah masih rendah yaitu 30,3%.Dan adapun proses penerapan materi Qiraaat As- Sab’ah yaitu dengan menggunakan metode jigsaw, snaw ball throwing, diskusi, ceramah dan tanya jawab dengan hasil aktivitas belajar pada siklus I 62% dan meningkat pada siklus II menjadi 75%. Kemudian kenaikan hasil belajar yang menunjukkan peningkatan kemampuan pengetahuan siswa dari siklus I yaitu 84,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,8% yang dikategorikan tuntas belajar. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan penerapan Qiraat As- Sab’ah mampu meningkatkan kemampuan pengetahuan Ilmu Qiraat siswa dalam mata pelajaran Quran Hadits. Oleh karena itu, maka disarankan materi Qiraat Sab’ah ini diterapkan dalam mata pelajaran Quran Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Qiraat Assab’ah; Kemampuan; Pengetahuan Ilmu Qiraat; Quran Hadits
Subjects: Knowledge > Theory of Knowledge
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sarah Nurul Fadilah
Date Deposited: 27 May 2019 04:11
Last Modified: 27 May 2019 04:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20715

Actions (login required)

View Item View Item