Dakwah pada masyarakat multietnik : studi fenomenologi tentang kredibilitas da’i pada masyarakat transmigran dusun Cilodang kecamatan pelepat kabupaten Bungo provinsi Jambi

Hidayat, Ansori (2017) Dakwah pada masyarakat multietnik : studi fenomenologi tentang kredibilitas da’i pada masyarakat transmigran dusun Cilodang kecamatan pelepat kabupaten Bungo provinsi Jambi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi merupakan salah satu wilayah yang menjadi tujuan transmigrasi. Pelaksanaan transmigrasi di wilayah ini terbagi pada dua gelombang, pertama transmigrasi umum dengan peserta berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kedua transmigrasi lokal dengan peserta transmirasi berasal dari wilayah lokal provinsi Jambi. Masyarakat transmigran adalah salah satu contoh kehidupan multietnik yang terbilang unik. Ia datang dari latar belakang sosial, budaya, adat istiadat dan etnik yang berbeda. Karakter masyarakat yang beragam dan berasal dari tempat yang beragam memberikan implikasi yang berbeda pula pada pola pembinaan keagamaan dalam konteks dakwah yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena atau realitas dakwah pada masyarakat multietnik di Dusun Cilodang Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Untuk lebih memfokuskan dan membatasi kajian ini, penelitian ini di kerucutkan pada wilayah da’inya saja dengan pertimbangan bahwa da’i sebagai ujung tombak berjalanya suatu kegiatan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi da’i, konsep diri dan bagaimana para da’i tersebut membangun interaksi dengan masyarakat transmigran. Penelitian tentang da’i pada masyarakat transmigran ini didasarkan pada teori kredibilitas sumber yang dikemukakan oleh Carl Hovland, janis dan kelley dengan asumsi bahwa sumber yang memiliki kredibilitas tinggi lebih banyak menghasilkan perubahan sikap dibandingkan dengan sumber yang memiliki kredibilitas rendah. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma subjektif dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan metode dan jenis penilitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian di lapangan tentang dakwah pada masyarakat transmigran menunjukan bahwa kredibilitas da’i sangat penting dalam menunjang kegiatan dakwah. Seorang da’i dengan kredibilitas tinggi akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi pula bagi masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa da’i memiliki peran sentral dalam kehidupan beragama masyarakat transmigran. Dakwah pada masyarakat dengan tingkat keberagaman yang tinggi menuntut para da’i untuk memiliki keahlian dalam melihat situasi dan kondisi para mad’u. Da’i selain sebagai penyampai risalah kebenaran, juga sebagai contoh atau teladan bagi masyarakat dalam setiap sendi kehidupan beragama kapanpun dan dimanapun. Oleh karenanya, kompetensi intektual para da’i sangat perlu ditunjang oleh kompetensi moral berupa akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Transmigrasi; dakwah; kredibilitas; da’i
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 28 May 2019 07:17
Last Modified: 28 May 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20766

Actions (login required)

View Item View Item