Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dengan menggunakan metode Explicit Instruction: Penelitian tindakan kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Mekar Arum Sub Materi Memahami Tata Cara Puasa

Setiawati, Novi (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dengan menggunakan metode Explicit Instruction: Penelitian tindakan kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Mekar Arum Sub Materi Memahami Tata Cara Puasa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover Skripsi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di kelas VIII C SMP Mekar Arum yakni rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi Memahami Tata Cara Puasa yang masih dibawah KKM yaitu dengan nilai 60. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut peneliti mencoba menerapkan metode explicit instruction yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan metode yang digunakan dapat diasumsikan mendorong guru untuk menelitinya dengan asumsi menggunakan metode Explicit Instruction pada mata pelajaran PAI sub materi Memahami Tata Cara Puasa akan berhasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses penggunaan metode Explicit Instruction pada mata pelajaran PAI setiap siklusnya 2) Hasil belajar setelah menggunakan metode Explicit Instruction pada setiap siklus. Metode Explicit Instruction diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena memiliki kelebihan dalam pembelajaran memungkinkan siswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya, seperti bekerjasama dengan baik dengan kelompok, belajar efektif dalam perasaan senang. Sehingga asumsi tersebut dapat dirumuskan dalam sebuah hipotesis tindakan bahwa penggunaan metode explicit instruction di duga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII C SMP Mekar Arum. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap satu siklus dua pertemuan. Langkah-langkah penelitian yang di lakukan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dengan menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa setelah penggunaan metode Explicit Instruction mengalami peningkatan kearah yang lebih baik setiap siklusnya. Pada siklus I dengan rata-rata 74,07. Pada siklus II dengan rata-rata 86,60. Sehingga penggunaan metode Explicit Instruction pada mata pelajaran PAI dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII C SMP Mekar Arum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novi Setiawati
Date Deposited: 31 May 2019 03:43
Last Modified: 31 May 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20807

Actions (login required)

View Item View Item