Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap Peraturan Menteri Perhubungan nomor peraturan menteri 108 Tahun 2017 dengan berbasis online di Kota Bandung

Sari, Kunia (2019) Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap Peraturan Menteri Perhubungan nomor peraturan menteri 108 Tahun 2017 dengan berbasis online di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-converted.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-converted.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-converted.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1-converted.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya persaingan usaha pelaku bisnis transportasi online dan transportasi umum yang sering terjadi gesekan di kota Bandung. Hal serupa terjadi dikota-kota besar di Indonesia yang menjadi pusat perkembangan teknologi transportasi. Pelaku usaha jasa transportasi online mulai mengembangkan bisnisnya dari berbagai aplikasi, beberapa jasa transportasi online yang saat ini berkembang di Bandung adalah Gojek, Uber, GrabCar, dan GoCar. Perkembangan transportasi online begitu cepat, dan mampu bersaing dengan perusahaan transportasi umum yang lebih lama hadir. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dasar hukum penyelenggaraan transportasi online, untuk mengetahui penerapan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Peraturan Menteri 108 2017 di Kota Bandung, dan mengetahui Tinjauan Siyasah dusturiyah terhadap Peraturan Mentri Perhubungan Nomor Peraturan Menteri 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Penelitian ini bertolak dari mewujudkan kemaslahatan rakyat yang bersifat umum serta menghilangkan kemafsadatan dari mereka yakni untuk mencapai keadilan dan kemanfaatan baik hubungan yang bersifat intern suatu negara maupun hubungan yang bersifat ekstern antar negara dalam berbagai aspek kehidupan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri dari dari data Primer dan Sekunder serta wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini dapat menemukan beberapa kesimpulan bahwa pertama, dasar hukum Penyelenggaraan beroperasinya Transportasi Online ialah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Peraturan menteri 108 Tahun 2017, tanpa peraturan ini transportasi online merupakan suatu aktivitas illegal. Kedua, dalam penerapan aturan semestinya transportasi yang berbasis apilikasi harus mengikuti aturan seperti trasnportasi umum. Karena walaupun ini bisnis aplikasi tetapi pada pelaksanaannya bisnis ini merupakan bisnis trasnportasi umum. Demi terciptanya persaingan yang sehat dan tidak terjadi kesenjangan sosial antara pengusaha transportasi online dan transportasi umum. Ketiga, Kebijakan pemerintah memberikan kepastian hukum untuk transportasi online merupakan tindakan pencegahan (preventif) untuk menghindari tindakan yang dapat merugikan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Kebijakan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan terjadinya mafsadah (kerusakan) dengan menutup jalan memungkinkan kemafsadatan itu terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Siyasah Dusturiyah; Transportasi Online; Dasar Hukum; penerapan;
Subjects: Moral Theology > Law and Bases of Morality
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Kunia Sari
Date Deposited: 17 Jun 2019 01:06
Last Modified: 04 Nov 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20815

Actions (login required)

View Item View Item