Pelaksanaan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Kab. Ciamis: studi penelitian di Yayasan Ar-Risalah Pondok Pesantern Cijantung IV Ciamis. Dusun. Timbangwindu Desa. Pamalayan Kec. Cijeungjing Kab. Ciamis)

Apriana, Giang (2014) Pelaksanaan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Kab. Ciamis: studi penelitian di Yayasan Ar-Risalah Pondok Pesantern Cijantung IV Ciamis. Dusun. Timbangwindu Desa. Pamalayan Kec. Cijeungjing Kab. Ciamis). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB I I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dalam dunia pendidikan Islam, khususnya pendidikan pesantren. Dalam perkembangan sistem pendidikan islam telah mampu menembus lapisan masyarakat, khususnya masyarakat yang beragama Islam. Mengenai sistem pendidikanya, sejarah telah mencatat bahwa lembaga pendidikan Islam telah menetapkan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang mampu berkembang dengan baik dalam menghadapi perkembangan zaman, lembaga pendidikan Islam yang sangat populer dan berpengaruh dalam kehidupan masyarakat itu adalah pendidikan pondok pesantren, salah satu lembaga pendidikan ini tidak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem pendidikannya, yang meliputi latar belakang berdirinya, tujuan pendidikan Islam di pesantren, komponen-komponen pendidikan pondok pesantren, dan kemudian bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan sistem pendidikannya, serta upaya untuk mengatasinya, dan hasil yang dicapai oleh sistem pendidikan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV. Penelitian ini bertolak dari teori pendidikan yang merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang berinteraksi secara fungsional dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Asumsi dasarnya bahwa keberhasilan suatu proses pendidikan sangat bergantung pada berjalannya komponen-komponen sistemnya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Penganalisaan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode kualitatif meliputi pengumpulan data, kategori data, uji keabsahan data, dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil peneliti ini diperoleh bahwa pada pelaksanaan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV, dapat ditarik kesimpulan bahwa berdirinya pondok pesantren Ar-Risalah Cijantung IV dilatar belakangi dengan didirikannya sebuah mesjid lalu diisi dengan pengajian-pengajian sehingga pesantren semakain hari semakin berkembang, untuk merealisasikan suatu konsep pendidikan Islam Pondok Pesantren yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan pengajaran dengan menambah dan memperdalam ilmu agama maupun yang bersifat umum, adapun faktor pununjang terlaksananya pelaksanaan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV yaitu dengan adanya peserta didik yang menjadi santri di Pondok Pesantren, para ustadz yang ahli dalam pendidikan islam dan juga tidak terlepas dari dukungan seorang santri dalam menjalankan proses belajar mengajar di pesantren, adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya motivasi dalam diri santri, kurang disiplinnya pendidik, kurangnya sarana pendidikan, dan ada juga faktor dari masyarakat, sedangkan keberhasilan mampu menghasilakan anak didik/santri yang mandiri dengan pemanfaatan dan membekali ilmu pengetahuan agama sehingga mereka memiliki yang kuat untuk terjun kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Islam; Pesantren ; Lembaga;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 13 Jun 2019 16:57
Last Modified: 13 Jun 2019 16:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item View Item