Hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran PAI: Penelitian terhadap siswa Kelas VIII SMP TRIYASA Kota Bandung

Rochman, Nur Azizatul (2019) Hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran PAI: Penelitian terhadap siswa Kelas VIII SMP TRIYASA Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di SMP TRIYASA Kota Bandung melalui observasi, penulis menemukan beberapa permasalahan yakni masih rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sekitar 40% siswa yang mendapatkan hasil sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan, 60% lainnya masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 78.00. Ketika di analisa ternyata banyak variasi respon siswa ketika mengerjakan soal mata pelajaran PAI. Dalam mengerjakan soal tersebut, ada siswa yang percaya diri dalam mengerjakan soal, ada yang diam-diam melihat jawaban temannya, bahkan ada yang bekerjasama dalam mengerjakan soalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) kecerdasan intrapersonal siswa kelas VIII SMP TRIYASA Kota Bandung; (2) hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP TRIYASA Kota Bandung; serta (3) hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP TRIYASA Kota Bandung. Hipotesis yang diajukan yakni semakin tinggi tingkat kecerdasan intrapersonal siswa, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan adalah metode korelasional atau korelasi. Penelitian ini menggunakan random sampling dengan melibatkan 38 siswa kelas VIII SMP TRIYASA Kota Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan nilai raport siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kecerdasan intrapersonal siswa dalam kategori sangat tinggi dengan dengan skor rata-rata 4,39; (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk dalam kategori baik dengan skor nilai rata-rata raport siswa 79,00; Sedangkan (3) hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah berkorelasi rendah dengan; (a) koefisien korelasi sebesar 0,355 yaitu termasuk ke dalam kategori rendah; (b) hasil uji hipotesisnya menunjukkan hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP TRIYASA Kota Bandung; (c) hasil uji pengaruhnya menunjukkan pengaruh rendah, sebesar 10,17%. Masih terdapat 89,83% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebaiknya, guru mengajar menggunakan metode yang bervariasi yang sesuai dengan karakteristik kecerdasan intrapersonal siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intrapersonal; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Azizatul Rochman
Date Deposited: 17 Jun 2019 01:49
Last Modified: 17 Jun 2019 01:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20880

Actions (login required)

View Item View Item