Pengaruh pertumbuhan beban administrasi umum dan beban non operasional terhadap laba tahun berjalan pada PT BPRS Buana Mitra Perwira Periode tahun 2014-2018

Suripto, Ambar Sari (2019) Pengaruh pertumbuhan beban administrasi umum dan beban non operasional terhadap laba tahun berjalan pada PT BPRS Buana Mitra Perwira Periode tahun 2014-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Setiap aktivitas bank syari’ah tidak lepas dari berbagai kegiatan usaha berbasis syari’ah yang dalam pelaksanaannya memerlukan biaya. Biaya disebut juga beban yaitu dana yang perlu dianggarkan untuk berbagai kepentingan usaha yang nantinya menghasilkan keuntungan atau laba. Biaya yang dimaksud adalah biaya administrasi umum yaitu dikeluarkan untuk kegiatan operasional dan biaya non operasional digunakan untuk menanggung hal-hal yang terjadi di luar kegiatan operasional. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan beban administrasi umum terhadap laba tahun berjalan secara parsial; seberapa besar pengaruh pertumbuhan beban non operasional terhadap laba tahun berjalan secara parsial; dan seberapa besar pengaruh pertumbuhan beban administrasi umum dan beban non operasional terhadap laba tahun berjalan. Penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa apabila beban administrasi umum dan beban non operasional mengalami kenaikan maka dapat mengurangi laba. Adanya kedua beban ini dapat mengakibatkan berkurangnya keuntungan yang akan didapatkan oleh bank syari’ah baik secara berturut-turut maupun pada periode tertentu. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari website resmi PT BPRS Buana Mitra Perwira di www.bprsbmp.com. Dengan menggunakan teknik penelitian analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi, dan analisis hipotesis uji signifikansi persial (uji t) dan uji signifikansi simultan (uji F). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa terbukti pertumbuhan beban administrasi umum berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap laba tahun berjalan dengan korelasi sangat kuat yaitu 0,902, kd sebesar 0,814,t_hitung -8,614 < t_tabel 2,110. Pertumbuhan beban non operasional terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap laba tahun berjalan dengan korelasi kuat yaitu 0,711, kd sebesar 0,506, t_hitung 4,172 > t_tabel 2,110. Sedangkan secara simultan pengaruh pertumbuhan beban administrasi umum dan beban non operasional terbukti berpengaruh negatif signifikan terhadap laba tahun berjalan dengan korelasi sebesar 0,904, kd sebesar 0,817 dan perbandingannya F_hitung 35,735 > F_tabel 3,63.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank; Pembiayaan; Administrasi; Operasional
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ambar Sari Suripto Putri
Date Deposited: 14 Jun 2019 07:36
Last Modified: 14 Jun 2019 07:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20904

Actions (login required)

View Item View Item