Tanggapan siswa terhadap penggunaan handphone sebagai media pembelajaran hubungannya dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa SMAN Tanjungsari Kelas XI IPA 3

Haeruman, Saeful Anwar (2017) Tanggapan siswa terhadap penggunaan handphone sebagai media pembelajaran hubungannya dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa SMAN Tanjungsari Kelas XI IPA 3. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Kemajuan teknologi menjadi salah satu pemicu utama semakin banyaknya inovasi yang diciptakan dalam dunia pendidikan. Salah satunya, seperti pemanfaatan handphone, kegiatan pembelajaran tidak hanya bersifat konvensional saja. Hal tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik/e-learning yaitu untuk mengatasi batas ruang dan waktu, sehingga proses belajar dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMAN Tanjungsari yaitu untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan handphone sebagai media pembelajaran dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan handphone sebagai media pembelajaran di kelas XI SMAN Tanjungsari, minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN Tanjungsari dan hubungan anatara keduanya. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa diantaranya yaitu faktor dalam diri siswa yang mencangkup aspek psikologis (kejiwaan). Faktor psikologis meliputi perhatian, pemahaman, tanggapan, fantasi, ingatan, berfikir, bakat dan motif. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan siswa terhadap penggunaan handphone sebagai media pembelajaran maka akan semakin baik pula minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI, dan sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Cara pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Penyebaran angket ditujukan kepada 38 siswa sebagai sampel penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan handphone sebagai media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,85 yang berarti tinggi. Minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,93 yang berarti tinggi. Sedangkan hubungan antara keduanya diperlihatkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,40 yang berarti sedang karena berada pada interval 0,40–0,59. Berdasarkan uji korelasi diketahui thitung sebesar 2,60, dan ttabel sebesar 1,68. Sehingga thitung > ttabel dan hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kadar pengaruh tanggapan siswa terhadap penggunaan handphone sebagai media pembelajaran dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI yaitu 8%. Sehingga diperkirakan 92% terdapat faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inovasi; Elektronik; Konsep; Bakat;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Jun 2019 02:42
Last Modified: 17 Jun 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item