Transformasi ibu rumah tangga menjadi buruh pabrik dalam meningkatkan ekonomi keluarga: Penelitian di Desa Galanggang Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat

Ismawati, Indri (2019) Transformasi ibu rumah tangga menjadi buruh pabrik dalam meningkatkan ekonomi keluarga: Penelitian di Desa Galanggang Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan pabrik telah memberikan dampak terhadap masyarakat pedesaan. Dampak yang jelas terlihat adalah bergesernya mata pencaharian penduduk setempat ke bidang industri. Keberadaan suatu pabrik dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, disebabkan dapat membuka peluang pekerjaan yang seluas-luasnya terutama bagi kaum perempuan yang dapat dengan mudah diterima bekerja di pabrik-pabrik. Keberadaan pabrik mengakibatkan adanya perubahan peran pada ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga yang bekerja di pabrik tentunya memiliki suatu alasan tertentu dalam memilih strategi untuk bertahan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui transformasi ibu rumah tangga menjadi buruh pabrik. Kemudian untuk mengetahui kondisi ekonomi keluarga setelah terjadi transformasi dari ibu rumah tangga menjadi buruh pabrik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional Talcott Parson. Menurut Parson ada empat fungsi penting untuk diperlukan dalam semua sistem, yaitu adaptation yang di mana ibu rumah tangga yang bekerja di pabrik sudah dapat melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitar, goal attainment yang di mana ibu rumah tangga yang bekerja di pabrik mereka ingin memperbaiki perekonomian keluarganya, integration yang di mana ibu rumah tangga bisa menghubungkan kegiatan sehari-hari yang mereka jalani dengan pencapaian tujuan mereka, dan latency yang di mana seorang istri bisa memelihara dan memperbaiki antara tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dan sebagai buruh pabrik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode ini dipandang tepat untuk menganalisis perubahan peran pada ibu rumah tangga. Sumber data primer berupa informasi yang terdiri dari Kepala Desa dan ibu rumah tangga yang bekerja di pabrik. Sedangkan sumber data sekunder berupa dokumentasi dan literatur yang berkaitan. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu Desa Galanggang Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Hasil dari penelitian ini adalah pada saat ini peran ibu rumah tangga telah bergeser dari peran tradisional menjadi modern. Dari hanya memiliki peran tradisional untuk melahirkan anak (reproduksi) dan mengurus rumah tangga, tetapi kini perempuan juga bisa mengibarkan sayapnya diluar domestik. Secara tradisional, peran ibu rumah tangga seolah dibatasi dan ditempatkan dalam posisi pasif yaitu ibu rumah tangga hanyalah pendukung karir suami. Walaupun menjadi buruh pabrik, tetapi setidaknya mereka tidak hanya menopang gaji dari suaminya. Kondisi ekonomi keluarga setelah terjadi transformasi dari ibu rumah tangga menjadi buruh pabrik di Desa Galanggang adalah kondisi ekonomi keluarganya semakin sejahtera, karena semua kebutuhan rumah tangga dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Transformasi; Peran Perempuan; Ekonomi;
Subjects: Slavery > Emancipation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Indri Ismawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 01:21
Last Modified: 18 Jun 2019 01:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20946

Actions (login required)

View Item View Item