Dampak modernisasi alat-alat pertanian terhadap perubahan sosial penelitian di Desa Pasirgeulis Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran

Nopiani, Leni (2019) Dampak modernisasi alat-alat pertanian terhadap perubahan sosial penelitian di Desa Pasirgeulis Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Modernisasi yang merambah semua sektor kehidupan manusia juga tidak terlepas di bidang pertanian juga mengalami perkembangan dengan seiring majunya perkembangan modernisasi. Modernisasi membantu mempercepat proses tanam-menanam dan pemanenan tanaman pertanian. Masuknya modernisasi pertanian di Desa Pasirgeulis Kecamatan Padaherang dengan digunakannya traktor, alat penyemprot hama, alat penggiling padi, dengan modernisasi alat-alat pertanian tersebut merubah sistem pertanian tradisional ke pertanian modern di Desa Pasirgeulis Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui modernisasi alat-alat pertanian di Desa Pasirgeulis; Mengetahui perubahan sosial di Desa Pasirgeulis; Mengetahui dampak modernisasi alat-alat pertanian terhadap di Desa Pasirgeulis. Menurut Giddens istilah modernisasi berkaitan dengan diferensiasi dan spesialisasi fungsional tidak sesuai untuk menjelaskan fenomena pengumpulan ruang dan waktu oleh sistem sosial. Menurut Giddens modernitas itu berubah dan diberi ciri oleh kondisi-kondisi baru, kekuatan-kekuatan baru. Untuk memperoleh data maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dengan dua jenis informan yaitu iforman pangkal dan informan kunci, sedangkan sumber data sekunder yaitu melalui buku-buku, dokumen yang berkaitan dengan teori. Untuk mengumpulkan data dilakukan observasi dan wawancara serta studi kepustakaan. Tempat penelitian ini dilakukan di Desa Pasirgeulis Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran lokasi ini dipiih karena lokasi tersebut salah satu daerah yang masyarakatnya bermata pencaharian petani. Dari hasil penelitian, modernisasi alat-alat pertanian di Desa Pasirgeulis ditandai dengan adanya traktor, alat penyemprot hama, alat penggiling padi. Perubahan sosial di masyarakat Desa Pasirgeulis yaitu berubahnya kegiatan masyarakat Desa Pasirgeulis karena tidak sedikit yang mencari pekerjaan ke kota, rasa kekeluargaan dan kekompakan petani yang semakin kuat, dan interaksi antar petani yang semakin intens. Dengan adanya modernisasi alat-alat pertanian tersebut memberikan dampak diantaranya memudahkan proses bertani petani, perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern, dampak selanjutnya bahwa bertani tidak dijadikan sebagai mata pencaharian pokok di Desa Pasirgeulis karena sekarang banyak dari masyarakat di Desa Pasirgeulis mencari pekerjaan di kota-kota besar. Selain dampak positif yang dihasilkan dari modernisasi ada juga dampak negatif salah satunya yaitu modal yang besar yang harus disiapkan oleh petani untuk menyewa traktor ataupun membeli alat-alat pertanian yang modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak modernisasi; alat-alat pertanian; perubahan sosial;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process > Social Change
Communities > Community Sociology
Specific Techniques of Agriculture > Drainage, Revegetation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Leni Nopiani
Date Deposited: 18 Jun 2019 01:35
Last Modified: 18 Jun 2019 01:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20951

Actions (login required)

View Item View Item