Pembangunan Embung Ranca Anis terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat: Studi kasus Desa Muruy Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang Banten

Rosdiana, Iin (2019) Pembangunan Embung Ranca Anis terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat: Studi kasus Desa Muruy Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang Banten. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Luasnya lahan pertanian di Indonesia ternyata tidak mampu membuat taraf hidup petani meningkat, masih banyak petani sawah yang mengalami kesulitan dalam memenuhi segala kebutuhan hidup. Hal tersebut terjadi karena kurangnya infrastruktur yang mendukung dalam meningkatkan produktivitas pertanian terutama di pedesaan. Akibatnya banyak permasalahan yang harus dihadapi petani, salah satunya yaitu kekurangan pasokan air untuk mengairi area persawahan saat musim kemarau. Salah satu strategi pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu pembangunan satu Desa satu Embung dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani. Di Desa Muruy, dengan adanya pembangunan Embung Ranca Anis, perekonomian masyarakat meningkat dan permasalahan yang dihadapi para petani Desa Muruy dapat teratasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembangunan Embung Ranca Anis yang ada di Desa Muruy dan mengidentifikasi realitas kesejahteraan masyarakat Desa Muruy setelah adanya pembangunan Embung Ranca Anis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat Desa Muruy terhadap pembangunan Embung Ranca Anis. Penelitian ini menggunakan teori kesejahteraan sosial. Untuk melihat kondisi masyarakat yang dapat dikatakan seabagai kondisi yang sejahtera, setidaknya ada tiga pandangan yang digunakan sebagai ukuran yang menggambarkan suatu kondisi yang sejahtera, yaitu: kondisi sejahtera menggambarkan kondisi dimana segala kebutuhan material yang lebih bersifat ekonomis dapat terpenuhi, terwujudnya kesejahteraan yang penuh dipersyaratkan terpenuhinya kebutuhan yang bukan dari segi fisik material saja, melainkan juga kebutuhan mental dan sosial dan kesejahteraan juga dilihat dari manfaat dari sumber daya yang harus dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana data primernya peneliti memperoleh hasil dari observasi dan wawancara dengan aparatur Desa Muruy, petani Desa Muruy, pedagang di wilayah Embung Ranca Anis dan masyarakat Desa Muruy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan Embung Ranca Anis di Desa Muruy cukup berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial di Desa Muruy Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang Banten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembangunan; kesejahteraan masyarakat;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: iin rosdiana
Date Deposited: 18 Jun 2019 03:20
Last Modified: 18 Jun 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20961

Actions (login required)

View Item View Item