Pemberian bonus pada produk Giro Utama iB dengan akad wadi'ah di Bank Mega Syariah KCP Bandung Sunda ditinjau dari hukum ekonomi syariah

Wangi, Eka Setio Endah (2019) Pemberian bonus pada produk Giro Utama iB dengan akad wadi'ah di Bank Mega Syariah KCP Bandung Sunda ditinjau dari hukum ekonomi syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy

Abstract

Bank Mega Syariah KCP Bandung Sunda memiliki beberapa produk untuk melayani nasabah salah satunya yang terdapat dalam produk penghimpunan dana adalah produk Giro Utama iB dengan menggunakan akad wadi'ah. Didalam produk Giro Utama iB terdapat pemberian bonus untuk menarik nasabah dan mempertahankan keloyalitasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana mekanisme pemberian bonus pada produk Giro Utama iB dengan akad wadi'ah di Bank Mega Syariah KCP Bandung Sunda. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana konsep pemberian bonus pada produk Giro Utama iB dengan akad wadi'ah di Bank Mega Syariah KCP Bandung Sunda. Penelitian ini dilandaskan pada kerangka konseptual tentang pemberian bonus dengan menggunakan akad wadi'ah pada produk giro dan aturan-aturan tentang pemberian bonus/hadiah dalam Fatwa DSN No. 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang pemberian hadiah dalam penghimpunan dana LKS, Fatwa DSN No. 01/DSN-MUI/VI/2000 tentang giro, PBI No. 9/19/PBI/2007 tentang Pelaksanaan Prinsip Syariah dalam Kegiatan Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana serta Pelayanan Jasa Bank Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yakni peneliti menganalisis dokumen-dokumen, dan data pendukung yang berkaitan dengan objek yang sedang diteliti, yang kemudian dikaji lebih mendalam mengenai kesesuaian antara fakta dilapangan dengan ketentuan operasional dari lembaga hukum yang berwenang dan landasan teori. Dengan menggunakan metode deskriptif penulis dapat mendeskripsikan bagaimana pemberian bonus pada produk Giro Utama iB dengan akad wadi'ah di Bank Mega Syariah KCP Bandung Sunda. Hasil dari penelitian ini yaitu mekanisme pemberian bonus pada produk Giro Utama iB dengan: a) Mendaftarkan diri sebagai nasabah; b) Nasabah menyimpan dananya; c) Nasabah akan mendapatkan bonus disetiap bulannya jika memenuhi ketentuan pemberian bonus dan bonus secara otomatis langsung masuk kedalam rekening giro nasabah setiap bulannya. Konsep pemberian bonus dalam dalam produk Giro Utama iB dengan akad wadi'ah yang perjanjiannya diawal di Bank Mega Syariah KCP Bandung Sunda Ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah tidak sesuai dengan ketentuan hadiah/bonus dalam Fatwa DSN-MUI No. 86/DSN-MUI/XII/2012 Tentang hadiah bahwa LKS boleh memberikan hadiah/'athaya atas simpanan nasabah, dengan syarat tidak diperjanjikan sebagaimana substansi Fatwa DSN No. 01/DSN-MUI/VI/2000 Tentang giro yaitu tidak ada imbalan yang disyaratkan, kecuali dalam bentuk pemberian ('athaya) yang bersifat sukarela dari pihak bank. Hal ini tampaknya dapat diharmonisasi dengan menambahkan akad mudharabah terhadap akad wadi'ah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Giro; Wadi'ah; Bonus/Hadiah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Eka Setio Endah wangi
Date Deposited: 19 Jun 2019 01:22
Last Modified: 19 Jun 2019 01:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20981

Actions (login required)

View Item View Item