Pemberdayaan anak asuh: Studi deskriptif pada anak asuh rumah singgah Hidup Damai Cinta Indonesia (HDCI)-Robbani di Kel. Sukapada Kec. Cibeunying Kidul Kota Bandung Jawa Barat

Ulfa, Riza Fadlilah (2017) Pemberdayaan anak asuh: Studi deskriptif pada anak asuh rumah singgah Hidup Damai Cinta Indonesia (HDCI)-Robbani di Kel. Sukapada Kec. Cibeunying Kidul Kota Bandung Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis bahwa setiap anak-anak yang mengikuti kegiatan di rumah singgah Hidup Damai Cinta Indonesia merupakan anak-anak yang membutuhkan perhatian lebih dari lingkungan dan juga keluarga. Faktor ekonomi yang menjadikan kebutuhan mereka kurang terpenuhi, hak anak yaitu terpenuhi segala kebutuhan baik dari segi pendidikan maupun tidak. Dalam hal pemberdayaan, sudah menjadi tugas semua orang dan bahkan pemerintah dan negara mempunyai tanggungjawab yang lebih terhadap anak-anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tentang strategi rumah singgah Hidup Damai Cinta Indonesia (HDCI)-Robbani serta usaha rumah singgah Hidup Damai Cinta Indonesia (HDCI)-Robbani dalam pemberdayaan anak asuh di Bojong Koneng, dan mengetahui hasil yang telah dicapai dalam pemberdayan di rumah singgah Hidup Damai Cinta Indonesia (HDCI)-Robbani. Penulis dalam penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan dari Steward berupa proses pemberdayan dan upaya peningkatan dengan mengoptimalkan potensi sumberdaya mandiri. Dan untuk midel teorinya menggunakan teori Sumodiningrat tentang tahapan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisa, pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan tekhnik observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini penulis gunakan penafsiran logika dihubungkan dengan kontek pemberdayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam mewujudkan pemberdayaan tersebut Hidup Damai Cinta Indonesia (HDCI)-Robbani menggunakan araz mikro berupa pembinaan, araz mezzo berupa kerjasama dengan kelompok, dan juga araz makro pada lingkup yang luas. Selain hal tersebut usaha rumah singgah juga melakukan berbagai program kegiatan melalui pendidikan, pembinaan rohani, dan karakter. Hasil pemberdayaan yaitu menunjuk kepada kondisi anak dilihat dari aspek fisik mereka secara jasmani dan rohani kuat, secara kognitif mereka tumbuh dengan cerdas, kreativ dan juga inovatif, sedangkan secara psiko-sosial anak memiliki karakter yang baik terhadap lingkungan sekitar. Secara umum, penelitian ini bisa disimpulkan bahwa pemberdayaan anak asuh di rumah singgah Hidup Damai Cinta Indonesia (HDCI)-Robbani Kelurahan Sukapada Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Jawa Barat berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak Asuh; Rumah Singgah; Rohani;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 24 Jun 2019 01:08
Last Modified: 24 Jun 2019 01:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item View Item