Partisipasi Komunitas Mahasiswa Muaragembong dalam memotivasi siswa Kelas XII untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Muaragembong Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi

Saputra, Irwan Eka (2019) Partisipasi Komunitas Mahasiswa Muaragembong dalam memotivasi siswa Kelas XII untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Muaragembong Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tentang perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Muaragembong. siswa mengalami kebingungan dalam menentukan sikap kedepan artinya siswa banyak bingung setelah lulus. Komunitas Mahasiswa Muaragembong melakukan partisipasi dalam memotivasi siswa kelas XII untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi agar studinya tidak mengalami hambatan dikemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1); Proses motivasi komunitas Mahasiswa Muaragembong pada siswa kelas XII untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 2); Faktor pendorong motivasi komunitas Mahasiswa Muaragembong pada siswa kelas XII untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 3); Faktor penghambat motivasi komunitas Mahasiswa Muaragembong pada siswa kelas XII untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori David Mc Clelland need of Achievement (N-Ach) adalah motivasi untuk berprestasi, karena itu individu akan berusaha mencapai prestasi tertingginya. Individu perlu mendapat umpan balik dari lingkungannya sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasinya tersebut. Faktor pendorong motivasi berprestasi antara lain: kemampuan, minat, harapan/keyakinan. Sedangkan faktor penghambat motivasi berprestasi yaitu: situasional dan lingkungan meliputi lingkungan keluarga, sekolah, lingkungan dimana ia berada. Metode penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Data primer penelitian ini yaitu komunitas Mahasiswa muaragembong. data sekunder diperoleh dari buku dan dokumen yang berkaitan dengan peneliti lakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu di SMA Negeri 1 Muaragembong Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses motivasi komunitas Mahasiswa Muaragembong pada siswa kelas XII dilakukan setiap satu tahun dua kali. 1); Kegiatan motivasi dengan memperkenalkan universitas, informasi jalur masuk, dan informasi beasiswa. 2); Kegiatan mentoring kepada siswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Ada tiga faktor pendorong motivasi komunitas Mahasiswa Muaragembong pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Muaragembong. 1); Kemampuan, yaitu pengalaman yang ditempuh selama kuliah. 2); Minat, adalah faktor dari diri sendiri yang peduli terhadap pendidikan 3); harapan dan keyakinan. Ada dua faktor penghambat dalam proses partisipasi. 1); situasional adalah keadaan yang menghambat proses motivasi: teknis, waktu, jarak rumah dengan lokasi partisipasi, dan hasil partisipasi yang statis setiap tahun. 2); lingkungan yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan dimana ia berada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Komunitas; Motivasi
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Irwan Eka Saputra Pariaman
Date Deposited: 21 Jun 2019 01:01
Last Modified: 21 Jun 2019 01:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21046

Actions (login required)

View Item View Item