Pengaruh kualitas persahabatan terhadap efektvitas coping dengan optimisme sebagai variabel mediator pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Alya, Farah Dhiya (2019) Pengaruh kualitas persahabatan terhadap efektvitas coping dengan optimisme sebagai variabel mediator pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa strata satu memiliki tugas akhir dalam menyelesaikan studinya yaitu membuat karya ilmiah berupa skripsi. Dalam menyelesaiakan skripsi, tidak sedikit mahasiswa menemui berbagai hambatan di antaranya kesulitan menemukan reverensi, hambatan dalam bertemu dosen pembimbing, kesulitan mencari subjek, sampai kesulitan untuk mengolah data. Hambtan-hambatan tersebut akan memberi tekanan pada mahasiswa hingga mengakibatkan stres. Jika tekanan tersebut tidak segera ditangani maka tujuan untuk menyelesaikan skripsi bahkan wisuda akan sulit tercapai. Maka mahasiswa tersebut harus melakukan coping yang efektif. Salah satu cara agar coping menjadi efektif dengan memiliki hubungan pertemanan yang baik, serta tidak luput dari adanya pengaruh faktor internal yaitu optimisme. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas persahabatan terhadap efektivitas coping yang dimediasi oleh optimsime. Subjek penelitian ini berjumlah 161 mahasiswa fakultas psikologi yang sedang mengerjakan skripsi. Metode yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan analisis regresi variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas persahabatan berpengaruh secara langsung terhadap efektivitas coping dan kualitas persahabatan memiliki pengaruh signifikan terhadap optimisme. Kualitas persahabatan memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas coping melalui optimisme sebagai mediator. Artinya kualitas persahabatan berpengaruh terhadap optimisme dan optimisme berpengaruh terhadap efektivitas coping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas persahabatan; efektivitas coping; optimisme; mahasiswa mengerjakan skripsi;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: farah dhiya
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:25
Last Modified: 21 Jun 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21058

Actions (login required)

View Item View Item