Pengelolaan Masjid berbasis kampus dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat: Penelitian di Masjid Al-Jabbar Kampus ITB Jatinangor Jalan Letjend Mashudi No. 1. Jalan Soekarno KM 20,7 Jatinangor Sumedang Jawa Barat

Egidiasafitri, Egidiasafitri (2019) Pengelolaan Masjid berbasis kampus dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat: Penelitian di Masjid Al-Jabbar Kampus ITB Jatinangor Jalan Letjend Mashudi No. 1. Jalan Soekarno KM 20,7 Jatinangor Sumedang Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Masjid Al-Jabbar terletak di kampus ITB Jatinangor, sebagai masjid kampus sekaligus pusat kegiatan keislaman yang kegiatanya mencerminkan keberagaman dari seluruh elemen masyarakat. Menurut pengamatan penulis, pengelolaan yang diterapkan oleh DKM sebagai civitas akademika membangun kerjasama dengan masyarakat dalam maupun diluar kampus dan beberapa komunitas dalam melaksanakan berbagai kegiatan di Masjid Al-Jabbar pada bidang pendidikan, keagamaan, dan sosial untuk bersama-sama memakmurkan masjid dan menjalankan syiar dakwah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan masjid berbasis kampus dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat, melalui proses perencanaan, penggerakan, dan pengawasan kegiatan dalam membangun kerjasama dengan masyarakat, sehingga semua pemberdayaan yang dilakukan oleh DKM masjid dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Pengelolaan adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentuukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang tertuju pada pemecahan masalah dengan menyusun data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis maupun lisan dengan tujuan untuk mendeksripsikan secara menyeluruh keadaan sasaran penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di Masjid Al-Jabbar Kampus ITB Jatinangor dapat diperoleh data pengelolaan masjid Al-Jabbar mencakup beberapa tahapan dalam meyusun program kegiatan yang telah direncanakan. Ada beberapa langkah-langkah yang digunakan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui masjid Al-Jabbar sesuai dengan fungsi-fungsi pengelolaan yang digunakan, pertama adalah perencanaan program yang dilakukan oleh DKM masjid Al-Jabbar dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Kedua yaitu pengorganisasian yang diterapkan untuk pembagian tugan dan kerja kepada semua pengurus DKM. Ketiga yaitu pelaksanaan yang diterapkan melalui bimbingan, pemberian motivasi kepada para pengurus, menjalin hubungan. Kemudian yang terakhir adalah pengawasan yang diterapkan oleh DKM masjid Al-Jabbar melalui pengawasan langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Masjid; Pemberdayaan Masyarakat;
Subjects: General Management > Philosophy and Theory of Management
General Management > Organizations
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: egidiasafitri egidiasafitri
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:28
Last Modified: 24 Jun 2019 02:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item