Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap sewa menyewa pohon kawung dengan sistem mertiga di Dusun Pasir Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang

Permatasari, Pipit Suci (2018) Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap sewa menyewa pohon kawung dengan sistem mertiga di Dusun Pasir Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy

Abstract

Manusia adalah mahluk sosial yang tidak lepas dari kegiatan ekonomi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, salah satu kegiatan ekonomi tersebut adalah sewa menyewa. Seperti praktik sewa menyewa pohon kawung di Dusun Pasir Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang antara pemilik pohon kawung dengan penyadap gula dengan sistem pembayaran mertiga yaitu penyadap gula membayar sewa berdasarkan pada jumlah gula yang dihasilkan. Dalam ekonomi syariah hal ini disebut dengan ijarah artinya sesuatu yang dimiliki seseorangan diambil manfaatnya oleh orang lain dengan adanya ujrah atau bayaran bagi pemiliknya. Sistem mertiga pada praktik sewa menyewa pohon kawung yaitu gula yang dihasilkan pada hari pertama diserahkan kepada pemilik pohon, hari kedua menjadi milik penyadap gula dan hari ketiga hasil gula dibagi rata antara pemilik pohon dan penyadap gula. Hal ini kerap menimbulkan kecurigaan dari pemilik pohon kepada penyadap gula, karena adanya ketidak jelasan dalam sistem pembayaran dan tidak ada transparansi dalam masalah berapa banyak hasil lahang yang dihasilkan dari pohon kawung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui model transaksi terhadap sewa menyewa pohon kawung di Dusun Pasir Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang (2) untuk mengetahui kesesuaian anatara sewa menyewa pohon kawung dengan sistem mertiga di Dusun Pasir Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang dalam Hukum Ekonomi Syariah. Akad merupakan indikator yang penting untuk melakukan suatu transaksi jual beli. Ijarah adalah akad pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu melalui pembayaran sewa/upah, tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan barang itu sendiri. Dengan demikian akad ijarah tidak ada perubahan kepemilikan, tetapi hanya perpindahan hak guna saja dari yang menyewakan pada penyewa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu menjelaskan atau menggambarkan suatu keadaan yang terjadi pada saat sekarang sesuai dengan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi lapangan yaitu melakukan wawancara kepada pihak yang terkait dan melakukan observasi, serta studi kepustakaan dengan mencari sumber buku-buku, dan dokumen-dokumen yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian data dilapangan menunjukkan bahwa (1) model transaksi sewa menyewa pohon kawung dilakukan antara pemilik pohon dan penyewa pohon menggunakan sistem mertiga. (2) kesesuaian antara sewa menyewa pohon kawung dengan sistem mertiga dalam Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ijarah; Sistem Mertiga; ekonomi;
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Agriculture
Commerce, Trade > Retail Trade
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: pipit suci permatasari
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:10
Last Modified: 07 Jul 2019 03:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21123

Actions (login required)

View Item View Item