Penerapan Strategi PQ4R untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia: PTK di Kelas V MI Negeri 1 Garut Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut

Rohmawati, Mila (2018) Penerapan Strategi PQ4R untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia: PTK di Kelas V MI Negeri 1 Garut Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mila Rohmawati, Penggunaan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (PTK di Kelas V MI Negeri 1 Garut Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permaslahan kegiatan pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang berpusat pada guru, sehingga siswa kesulitan dalam proses pembelajaran membaca pemahaman yang mengakibatkan siswa tidak bisa menentukan gagasan utama dari bacaan, belum mampu membuat ringkasan serta belum mampu menceritakan kembali bacaan dengan bahasanya sendiri. Oleh sebab itu, guru harus berinovasi untuk menentukan strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi PQ4R. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dan sesudah penggunkan strategi PQ4R. Selain itu, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi PQ4R. Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) merupakan strategi dalam proses belajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman yang tinggi, karena strategi ini mengembangkan keterampilan membaca melalui pemahaman struktur bacaan. Disamping itu, dengan membaca pemahaman dapat mengidentifikasi kata kunci sehingga menciptakan daya ingat yang panjang. Metode penelitiana ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data: observasi dan tes. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa, laki-laki 12 siswa dan perempuan 8 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tahapan dalam penelitian ini dalam bentuk siklus, setiap siklusnya dua tindakan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan meliputi hasil membaca pemahaman siswa dan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian diperoleh dari hasil tes dan observasi aktivitas guru dan siswa, hasil aktivitas guru siklus 1 tindakan 1 91,7% dibulatkan 92%, tindakan 2 98,3%, sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan tindakan 1 100% dan tindakan 2 100%. Aktivitas siswa pada siklus 1 tindakan 1 56,2%, tindakan 2 71,5%, sedangkan pada siklus II tindakan 1 yaitu 82,5% dan tindakan 2 96,8%. Berdasarkan aktivitas guru dan siswa setiap tindakan dari siklusnya terus meningkat. Ketuntasan belajar secara klasikal siswa yaitu 25% pada siklus 1 tindakan 1, 60% pada siklus 1 tindakan 2, kemudian pada siklus II tindakan 1 yaitu 90% dan 100% pada siklus II tindakan 2. Peningkatan juga terjadi pada hasil rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 66,4 pada siklus 1 tindakan 1, 75,8 siklus 1 tindakan 2, kemudian pada siklus II tindakan 1 yaitu 83,5 dan 93,94 dibulatkan 94 pada siklus II tindakan 2. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas V MI Negeri 1 Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi PQ4R; membaca pemahaman; bahasa Indonesia; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah; PTK
Subjects: Education, Research
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mila Rohmawati
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:11
Last Modified: 26 Jun 2019 02:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21156

Actions (login required)

View Item View Item