Pengaruh inflasi dan tingkat suku bunga terhadap harga saham: studi pada perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017

Cahyani, Adinda Regita (2019) Pengaruh inflasi dan tingkat suku bunga terhadap harga saham: studi pada perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Situasi moneter dan pergerakan variabel makro ekonomi adalah hal yang harus diperhatikan seorang investor dalam melakukan aktivitas perdagangan saham disuatu negara. Keadaan ekonomi dan fluktuasi variabel makro dalam suatu negara dapat mempengaruhi harga saham. Termasuk dalam sector pertambangan. Perushaan pertambangan adalah rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan industri pertambangan, mulai dari prosfek, sekplorasi, evaluasi, pencairan, penambangan (penggalian), pengolahan, pemurnian, pengangkutan dan pemasaran bahan galian (mineral,batubara, panas bumi, migas). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inflasi dan suku bunga terhadap harga saham. Analisis 12 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Inflasi adalah suatu proses kenaikan harga-harga yang berlaku dalam suatu perekonomian. Tingkat inflasi berbeda dari satu periode ke periode lain dan berbeda pula dari satu negara ke negara lain Sukirno (2008: 14). Suku Bunga adalah biaya pinjaman atau harga yang dibayarkan untuk dana pinjaman tersebut biasanya dinyatakan dalam presentase (Mishkin, 2008). Saham adalah sertifikat yang menunjukan bukti kepemiikan suatu perusahaan, dan pemegang saham memiliki hak klaim atas penghasilan dan aktiva perusahaan Rusdian (2008:68). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian digunakan dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perushaan sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017. Mtode pengambilan sampel digunakan dengan metode Purposive Sampling. Adapun data yang digunakan adalah yang digunakan adalah metode uji t dan f. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Kemudian Tingkat Suku Bunga secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan Inflasi dan Tingkat Suku Bunga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inflasi; Tingkat Suku Bunga; dan Harga Saham;
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Adinda Regita Cahyani
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:24
Last Modified: 27 Jun 2019 06:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21159

Actions (login required)

View Item View Item