Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua siswa terhadap akhlak anak: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTs N 2 Bandung

Khoirunnisa, Efsa (2018) Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua siswa terhadap akhlak anak: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTs N 2 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kekhawatiran pada kenalakan remaja yang terjadi akhir-akhir ini, seperti seks bebas, bullying, geng motor, narkoba, pencurian dan lain sebagainya. Keluarga adalah tameng pertahanan pertama dan utama pun hendaknya menjadi pemisah antara kebaikan dan keburukan yang berada disekitar anak, namun karena kurangnya pertahanan tersebut menjadikan celah bagi keburukan untuk masuk menyelimuti jiwa dan tingkah laku anak. Padahal secara normatif, pendidikan agama dan pendidikan keluarga dapat menuntun kearah kebaikan dan menjadi penghalang bagi keburukan. Fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII di MTs N 2 Bandung menjadi sorotan karena banyak terjadi kesenjangan antara siswa yang memiliki background keluarga berpendidikan tinggi dengan akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Latar belakang pendidikan orang tua siswa kelas VIII di MTsN 2 kota Bandung, (2) Akhlak siswa kelas VIII di MTsN 2 kota Bandung, (3) Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua siswa terhadap akhlak anak di MTsN 2 kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif-korelasi yang pengmpulan datanya melalui observasi (pengamatan) dan penyebaran anget (kuesioner) serta jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 sampel siswa kelas VIII MTs N 2 Bandung. Berdasarkan pengolahan datanya, disimpulkan bahwa akhlak anak kelas VIII di MTsN 2 Bandung berada pada kategori sedang yaitu 70,04. Lalu diperoleh r hitung sebesar 0,35 yang dalam indeks korelasi r product moment berkisar antara 0,20-0,40 ini berarti pengaruh antara variabel x dengan variabel Y rendah dengan pengaruh 12,25%. Kemudian dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata dengan df sebesar 26, pada taraf signifkansi 5% diperoleh “r” tabel =0,388. Jika dilihat pada r tabel tersebut, rxy lebih kecil dari pada r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,35<0,388). Dengan demikian, disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang nyata antara latar belakang pendidikan orang tua terhadap akhlak anak di MTsN2 Bandung. Jadi hipotesa alternatif (Ha) ditolak dan hipotesa nol (H0) diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: latar belakang pendidikan orang tua siswa; akhlak anak;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: efsa khoirunnisa
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:53
Last Modified: 26 Jun 2019 04:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21171

Actions (login required)

View Item View Item