Kinerja keuangan dan harga saham perusahaan pra dan pasca akuisisi: Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk mengakuisisi PT. Bank Agroniaga Tbk periode 2006-2016

Firmansyah, Rubi (2017) Kinerja keuangan dan harga saham perusahaan pra dan pasca akuisisi: Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk mengakuisisi PT. Bank Agroniaga Tbk periode 2006-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Merger dan Akuisisi bertujuan untuk menambah nilai perusahaan dan menghasilkan sinergi positif bagi perusahaan. Namun harus dipahami bahwa terkadang kenyataan tidak selalu terjadi sesuai dengan dugaan. Dengan arti bahwa belum tentu perusahaan akan mengalami perubahan kinerja keuangan dan harga saham sebelum dan setelah melakukan merger dan akuisisi. Adanya ketidaksesuaian tersebut tentunya menimbulkan suatu permasalahan yang harus diidentifikasi antara teori, dugaan dan kenyataan yang terjadi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menguji apakah akuisisi akan memberikan perbedaan signifikan kearah yang lebih baik bagi perusahaan atau tidak. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kinerja keuangan yang diukur dengan rasio profitabilitas yang terdiri dari Biaya Operasional . Terhadap Pendapatan Operasional, Net Interest Margin, Return On Investment, Return On Equity dan Harga Saham perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah sekunder, yaitu data laporan keuangan perusahaan dan harga saham yang dipublikasikan secara umum. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu jenis kuantitatif. Kemudian menggunakan analisis deskriptif dan analisis komparatif. Pengambilan sampel digunakan dengan cara simple random sampling yaitu mengambil sampel dengan cara acak sederhana. Maka dari itu sampel yang digunakan adalah PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk yang mengakuisisi PT. Bank Agroniaga Tbk pada tanggal 14 Maret 2011 dengan rentang waktu 2006-2016. Analisis komparatif yang dilakukan adalah menggunakan uji Paired Sample t-test menggunakan SPSS 2.3. Berdasarkan hasil perhitungan Paired Sample t-test dengan derajat kepercayaan 95% menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan yang terjadi pada NIM dengan nilai signifikansi sebesar 0,007. Dan perbedaan signifikan juga terjadi pada Harga Saham dengan nilai signifikansi sebesar 0,004. Sedangkan pada BOPO, ROI, ROE tidak terjadi perbedaan signifikan dengan angka yang dihasilkan masing-masing sebersar 0,239, 0,062, 0,400.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan; Harga Saham; Akuisisi;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:19
Last Modified: 04 Jul 2019 04:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21190

Actions (login required)

View Item View Item