Pengaruh bimbingan melalui mentoring Agama terhadap peningkatan spiritualitas pegawai: Penelitian di PT. Suho Gramindo, Cileunyi

Dzulhijani, Maulanie Raka (2019) Pengaruh bimbingan melalui mentoring Agama terhadap peningkatan spiritualitas pegawai: Penelitian di PT. Suho Gramindo, Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Spiritualitas adalah hal yang tertanam dalam diri seorang manusia. Setiap manusia pastilah menginginkan dirinya menjadi seseorang yang baik, yang dalam bahasa spiritualitas bisa disebut dengan taat. Namun spiritualitas yang baik kadang tidak dapat berkembang karena beberapa faktor seperti lingkungan dan padatnya aktifitas seseorang. Banyak dari mereka yang demi mendapatkan uang, mereka menanggalkan banyak hal salah satunya adalah waktunya yang dihabiskan untuk bekerja dan bagi pegawai wanita yaitu mereka yang menanggalkan pakaian yang sesuai syariat Islam. Namun berbeda dengan pegawai di PT.Suho Gramindo. Perusahaan yang bergerak dalam produksi pakaian muslim yaitu Rabbani ini memfasilitasi pegawainya dalam sebuah kegiatan mentoring agama yang merupakan hal yang dibutuhkan oleh pegawai dan diwajibkan kepada pegawainya untuk memakai pakaian yang sesuai syariat Islam, khususnya bagi pegawai wanita. Menurut Fethullah Gulen, Indikatror Spiritual yang digunakan dalam mengukur peningkiatan spiritualitas yaitu Mempunyai iman yang sempurna; Memiliki cinta membara; Menyikapi ilmu dengan penuh pertimbangan; Kembali menghadap pandangan ke arah alam semesta; Memiliki kebebasan berfikir dan selalu menjadikan kebebasan berfikir sebagai salah satu dasar utama tindakannya; Mampu mengedepankan musyawarah serta ruh dalam kebersamaan; Memiliki pola pikir matematis. Teori ini yang digunakan oleh peneliti dalam proses penelitian dan mencapai hasil penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui proses Bimbingan melalui mentoring agama kepada pegawai, spriritualitas pegawai itu sendiri, serta pengaruh dari proses Bimbingan melalui mentoring ini terhadap peningkatan spiritualitas pegawai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menggambarkan kegiatan Bimbingan melalui mentoring serta pengaruhnya terhadap peningkatan spiritualitas pegawai. Adapun teknik yang digunakan yaitu kuisioner atau angket. Hasil penelitian Bimbingan melalui mentoring ini menunjukkan bahwa Spiritualitas Pegawai sebesar 77,55% yang merupakan presentase skala nilai kualifikasi baik. Hubungan antara variabel x dan y sebesar 0,338 yang memiliki arti hubungan yang rendah. Dan pengaruh mentoring melalui agama terhadap peningkatan spiritualitas pegawai tingkat pengaruh sebesar 11,4%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Bimbingan melalui Mentoring ini berpengaruh terhadap peningkatan spiritualitas pegawai namun dalam kualifikasi yang rendah itu sebesar 11,4% , karena 88,6% dipengaruhi oleh variabel lain selain bimbingan melalui mentoring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Mentoring; Spiritualitas; Kerja; Pegawai
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Islam > Da'wah
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maulanie Raka Dzulhijani
Date Deposited: 27 Jun 2019 08:09
Last Modified: 27 Jun 2019 08:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21207

Actions (login required)

View Item View Item