Pengaruh piutang lain-lain dan persediaan terhadap total aset lancar pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) study PT.Global Mediacom Tbk periode 2014-2017

Suciawati, Rika wulan (2019) Pengaruh piutang lain-lain dan persediaan terhadap total aset lancar pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) study PT.Global Mediacom Tbk periode 2014-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu hal yang penting dalam peningkatan suatu perusahaan yaitu aktiva, terdapat komponen komponen aktiva atau Aset yang sangat berpengaruh terhadap keuangan perusahaan yaitu kas, piutang, dan persediaan. Ketiga aktiva tersebut sangat penting terhadap kinerja suatu perusahaan karena erat kaitannya dengan tingkat keuntungan suatu perusahaaan. Berdasarkan penjelasan diatas apabila kedua komponen yaitu piutang dan persediaan dapat dikelola dengan baik maka akan baik pula bagi aktiva atau total aset suatu perusahaan karena salah satu transaksi atau penjualan dimasa lalu yang berharap akan terus tinggi nilainya dimasa yang akan dating sehingga semakin tinggi tingkat penjualan maka semakin efektif perusahaan tersebut dalam mengelola aktiva asetnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Piutang Lain-lain terhadap Total Aset lancar PT.Global Mediacom Tbk secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Persediaan terhadap Total Aset Lancar PT.Global Mediacom Tbk secara pasrial, (3) mengetahui dan mengalisa Piutang Lain-lain dan Persediaan terhadap Total Aset Lancar PT.Global Mediacom Tbk secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT.Global Mediacom Tbk periode 2014-2017. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). adapun pengelolaan data menggunakan SPSS for windows version 23.0 dan Microsoft excel 2013 sebagai penujang pengelolaan data awal. Hasil penelitian menujukan bahwa secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan antara Piutang Lain-lain dibuktikan dengan uji t serta besar koefisien determinasi sebesar 2,1%, sedangkan sisanya 97,9% hal ini dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada Variabel Persediaan pun sama tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Total Aset Lancar dibuktikan dengan uji t serta besar koefisien determinasi sebesar 14,6, sedangkan sisanya 85.4%. Hal ini dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Piutang Lain-lain dan Persediaan terhadap Total Aset Lancar yang dibuktikan dengan uji F serta besar koefisien determinasi sebesar 15,7% sedangkan sisanya 84.3%. Hal ini dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Piutang Lain-lain; Persediaan; Total Aset lancar
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rika wulan
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:24
Last Modified: 04 Jul 2019 04:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21217

Actions (login required)

View Item View Item