Perilaku menyimpang orang dengan HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus / Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Yayasan Matahati Kota Banjar

Yuliana, Rinrin (2019) Perilaku menyimpang orang dengan HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus / Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Yayasan Matahati Kota Banjar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
1_cover(1).pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Perilaku menyimpang merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Bentuk dari perilaku menyimpang itu sendiri dapat berupa penyimpangan kriminal, penyimpangan seksual, penyimpangan gaya hidu dan penyimpangan dalam bentuk pemakaian berlebihan. Perilaku menyimpang tersebut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor lingkungan dan faktor pribadi. Dari perilaku menyimpang tersebut dapat menyebabkan sesorang terkena penyakit HIV/AIDS. HIV/AIDS dapat menular melalui perilaku berisiko HIV/AIDS diantaranya penggunaan jarum, mengidap penyakit menular seksual, berhubungan seks melalui anus, pekerjaan seks komersial, dan hubungan seksual berganti-ganti pasangan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), 2) faktor penyebab ODHA melakukan perilaku menyimpang, 3) upaya yang dilakukan Yayasan Matahati untuk menanggulangi dan mencegah HIV/AIDS. Teori yang digunakan ialah Teori Perilaku Menyimpang dari Robert M.Z Lawang tentang bentuk dari perilaku menyimpang. Robert membedakan perilaku menyimpang menjadi 4 bentuk yaitu penyimpangan kriminal, peyimpangan seksual, penyimpangan gaya hidup dan penyimpangan dalam bentuk pemakaian berlebihan. Kedua, Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang menurut Santrock yaitu faktor lingkungan dan faktor pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data ini dihasilkan dari pengumpulan data primer kepada Bapak Agus sebagai Ketua dan Pembina Yayasan Matahati, dengan cara, observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, dilengkapi data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku-buku yang relefan dengan tema penelitian. Data tersebut dianalisis yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data yaitu penggabungan data, display data yaitu memeriksa data, dan penarikan kesimpulan. Adapun tempat penelitian ini adalah di Yayasan Matahati Kota Banjar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk perilaku menyimpang berisiko HIV/AIDS yang dilakukan Orang Dengan HIV/AIDS diantaranya adalah seks bebas dan pelacuran, serta homoseksual. 2) faktor penyebab Orang Dengan HIV/AIDS melakukan perilaku menyimpang karena faktor lingkungan yang meliputi adanya pengaruh orang tua dan teman sebaya. kedua faktor pribadi yaitu dari pemahaman diri yang salah, pemikiran serta pandangan yang salah, ketidakmampuan menyesuaikan diri, serta kurangnya pengendalian diri berupa rasa keingintahuan. 3) upaya yayasan Matahati untuk menanggulangi dan mencegah HIv/AIDS diantaranya melakukan pengajuan hukum, membentuk kelompok berisiko HIV/AIDS, melakukan kerjasama dengan pihak lain, memberikan pelatihan kepada para kader, membentuk Kelompok Dampingan Sebaya, serta memberikan kondom dan pelican kepada para pelaku berisiko HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perilaku; menyimpang; HIV/AIDS
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rinrin Yuliana
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:05
Last Modified: 01 Jul 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21296

Actions (login required)

View Item View Item