Manajemen strategik Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah dalam mencetak kader da'i multi bahasa: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Kabupaten Bandung

Syifa, Winda Siti Mardiana (2019) Manajemen strategik Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah dalam mencetak kader da'i multi bahasa: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy

Abstract

Keadaan pesantren yang sudah mengalami perkembangan, baik dalam hal fasilitas, kurikulum, maupun tenaga pengajar memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat muslim di Indonesia. Di era globalisasi saat ini, dimana semakin berkembangnya teknologi, maraknya budaya luar yang masuk ke Indonesia khususnya agama Islam, dan persaingan begitu ketat, membuat pihak pesantren bertindak lebih hati-hati dalam mengawasi lingkungan pesantren. Salahsatu yang dapat dilakukan dalam menghadapi persaingan yaitu melakukan pembinaan kepada para santri agar menjadi kader da’i yang berorientasi global, yaitu kader da’i yang berkualitas, multi bahasa, dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai manajemen strategik yang terdiri dari formulasi, implementasi serta evaluasi strategi yang berada di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah dalam rangka mencetak kader da’i multi bahasa. Dalam mencetak kader da’i yang berorientasi global tersebut, maka dibutuhkan suatu konsep manajemen stategik agar dapat memberikan hasil yang terkelola dengan baik sesuai tujuan yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sehingga data yang terkumpul diinventarisir, kemudian dianalisis untuk memperoleh rumusan yang baik dan benar melalui pola berfikir induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Strategik Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah terdiri dari 3 unsur: Pertama, formulasi strategi dilakukan dengan cara membuat berbagai program kegiatan yang mendukung dalam mencetak kader da’i multi bahasa. Kedua, implementasi strategi berupa pelaksanaan berbagai program kegiatan disertai dengan prosedur program yang telah ditentukan,serta adanya pembentukan dan pelaksanaan organisasi santri untuk membantu merealisasikan setiap program kegiatan. Ketiga, evaluasi strategi yang dilakukan Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah dalam mencetak kader da’i multi bahasa yaitu dengan melakukan berbagai penilaian, seperti penilaian secara tertulis melalui berbagai ujian tulis bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta penilaian secara lisan melalui kegiatan muhadhoroh, mufrodat, muhadatsah, penggunaan bahasa Asing sehari-hari serta mengikuti berbagai perlombaan kebahasaan. Penilaian tersebut dilaporkan dalam setiap penrgantian semester. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Manajemen Strategik Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah dalam Mencetak Kader Da’i Multi Bahasa berhasil diterapkan melalui 3 unsur manajemen strategik : Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Strategi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Pondok Pesantren; Kader Da’i; Multi Bahasa
Subjects: Customs of People > Organization and Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: winda Siti Mardiana Syifa
Date Deposited: 02 Jul 2019 01:32
Last Modified: 02 Jul 2019 01:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21302

Actions (login required)

View Item View Item