Pengaruh komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok terhadap komitmen organisasi : Studi pada pegawai kantor pelayanan pajak pratama Soreang

Ramdani, Muhammad (2015) Pengaruh komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok terhadap komitmen organisasi : Studi pada pegawai kantor pelayanan pajak pratama Soreang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Seiring perkembangan yang sangat pesat yang terjadi dalam era globalisasi ini dan merosotnya komitmen organisasi pada pegawai setiap organisi mengharuskan Dinas Pelayanan Pajak Pratama sebagai salah satu instansi mampu mengelola sumber daya manusia agar dapat menunjang tercapainya tujuan organisasi. Efektifitas organisasi menjadi salah satu solusi agar pegawai kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang mampu memberikan seluruh kemampuan dan keahliannya untuk organisasi, dan hal tersebut diciptakan dengan adanya komitmen Organisasi yang baik. Faktor yang mempengaruhi Komitmen Organisasi pada penelitian ini adalah Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Kelompok. Dengan latar belakang yang telah di uraikan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Komunikasi Interpersonal (X1) dan Komunikasi Kelompok (X2) terhadap Komitmen Organisasi (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Komunikasi Interpersonal adalah penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh lawan bicara, dengan berbagai dampak dan peluang untuk memberikan umpan balik, Komunikasi kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut, dan Komitmen Organisasi merupakan sebuah keadaan psikologi yang mengkarakteristikkan hubungan karyawan dengan organisasi atau implikasinya yang mempengaruhi apakah karyawan akan tetap bertahan dalam organisasi atau tidak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dan sampelnya adalah pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang. Dari populasi sebanyak 82 dengan teknik pengambilan sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel. Data yang dihasilkan adalah tanggapan responden yang telah ditetapkan sebagai sampel dari kuesioner yang telah disebar. Dari hasil pengolahan data pengaruh Komunikasi Interpersonal (X1) dan Komunikasi Kelompok (X2) terhadap Komitmen Organisasi (Y) secara parsial dapat diperoleh persamaan sebagai berikut : Y=1,979 + 0,059 X1 + 0,653 X2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi Interpersonal (X1) tidak berpengaruh positif terhadap Komitmen Organisasi (Y) dibuktikan dengan thitung= 0,617 < ttabel= 1,66 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,539 > 0,05, dan nilai β 0,067. Komunikasi Kelompok (X2) berpengaruh positif terhadap Komitmen Organisasi (Y) di buktikan dengan thitung= 4,544 < ttabel= 1,66 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, dan nilai β 0,490. Dan secara simultan pengaruh Komunikasi Interpersonal (X1) dan Komunikasi Kelompok (X2) terhadap Komitmen Organisasi (Y) menghasilkan nilai sebesar fhitung = 14,928 > ftabel= 3,11, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 dan R-square diperoleh sebesar 0,271 atau 27,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal; Komunikasi Kelompok; Komitmen Organisasi;
Subjects: Accounting > Tax Accounting
General Management > Management for Enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Jul 2019 01:34
Last Modified: 04 Jul 2019 01:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21336

Actions (login required)

View Item View Item