Pemanfaatan media audio aids untuk pembelajaran hafalan surah- surah pendek anak autis: Penelitian di SLB Autisma Bunda Bening Selaksha Hati Bandung

Qorrie, Annisaa (2018) Pemanfaatan media audio aids untuk pembelajaran hafalan surah- surah pendek anak autis: Penelitian di SLB Autisma Bunda Bening Selaksha Hati Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Mayoritas SLB menjadikan seni sebagai kelas vokasional bukan tahfidz karena dianggap sulit. Berbeda dengan SLB Bunda Bening menggunakan tahfidz sebagai vocasional. Fenomena tersebut bahwa tahfidz membutuhkan media dalam pembelajaran. Media yang digunakan adalah media audio aids karena autis lebih suka untuk mendengar. Penelitian ini juga mendukung program pemerintah yakni kelas inklusi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang: (1). Jenis- jenis pemanfaatan media audio aids untuk pembelajaran hafalan surah- surah pendek anak autis di SLB Autisma Bunda Bening Selakshahati, (2). Konsep dan implementasi pemanfaatan media audio aids untuk pembelajaran hafalan surah- surah pendek anak autis di SLB tersebut, (3). Keefektifan media audio aids dalam pembelajaran melalui identifikasi dampak pemanfaatan media audio aids untuk pembelajaran hafalan surah- surah pendek anak autis di SLB tersebut. dan (4). Faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media audio aids untuk pembelajaran hafalan surah- surah pendek anak autis di SLB tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut Oemar Hamalik yakni mengenai peranan media pembelajaran, meliputi penarik perhatian, komunikasi serta peran retensi dan standar umum evaluasi tahfidz, meliputi tahfidz/hafalan, tartil/kelancaran dan tajwid/hukum bacaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer (hasil wawancara dengan 17 orang siswa dan 3 orang guru diniyah) dan skunder (hasil wawancara dengan stake holder dan dokumen yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dari hasil pengamatan/observasi, hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah interactive model yakni teknik analisis data yang mengklasifikasikan analisis dalam tiga langkah yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi, kemudian dilanjutkan dengan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Media audio aids yang diterapkan adalah CD, sound system, kaset, tape rocorder, radio dan telepon genggam. (2). Konsep dan implementasi pemanfaatan media audio aids di SLB ini meliputi pola (sebelum, selama proses dan sesudah pemanfaatan media audio aids), strategi (terkontrol, bebas tidak terkontrol dan secara individu/berkelompok), tujuan yakni memudahkan anak autis menghafal surah- surah pendek. Implementasi pemanfaatan media audio aids untuk menghafal surah pendek di SLB tersebut tidak sepenuhnya sesuai konsep, karena kondisi siswa autis yang sulit diprediksi sehingga implementasi lebih mengacu pada IEP (Individual Education Program). (3). Pemanfaatan media audio aids untuk pembelajaran hafalan surah- surah pendek di SLB tersebut sudah efektif, hal tersebut dilihat dari hasil identifikasi dampak dan pencapaian tujuan, (4). Faktor pendukung: siswa diniyah merupakan anak autis pilihan, sehingga tingkat inteligensi dan kemandiriannya lebih dari siswa autis lainnya, 90% guru yang mengajar adalah out put PLB dan berpengalaman untuk menangani autis. Faktor penghambat: guru yang mengajar diniyah bukan out put PLB, pengalamannya hanya dengan autodidak, tidak ada helper khusus untuk mendampingi guru di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qorrie Annisaa
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:36
Last Modified: 02 Jul 2019 08:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21354

Actions (login required)

View Item View Item